KEREN Banget! Pemilu 2024 SIT Gameel Akhlaq Adakan Kegiatan P5 Di Rumah

Rawalumbu (16/02/2024)-Pemilu serentak yang digelar pada Rabu (14 Februari 2024) menjadi momen penting bagi seluruh rakyat Indonesia. Karena pada saat itu rakyat Indonesia menentukan pilihan untuk capres-cawapres, DPD RI, DPR RI, DPRD Propinsi dan DPRD Kota/Kabupaten lima tahun kedepan.

Momentum tersebut dijadikan SIT Gameel Akhlaq untuk mengenalkan demokrasi sejak dini pada kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau yang biasa disingkat P5. Sebagaimana disampaikan oleh Agung Nursidik (Kepala Sekolah SDIT Gameel Akhlaq) bahwa pemilu adalah momentum lima tahunan yang ada di Indonesia yang menjadi hak warga negara untuk ikut di dalamnya. 

"Warga negara Indonesia yang mengikuti pemilu tahun 2024 adalah bagian dari kewajibannya dalam menyukseskan demokrasi, karena akan menentukan nasib dan masa depan bangsa," ujar Agung pada JSIT Kota Bekasi, Kamis (15 Februari 2024)

Agung melanjutkan bahwa, demokrasi juga perlu dikenalkan kepada anak-anak sejak dini dengan mengajak mereka berinteraksi langsung pada proses pemilu bersama orang tua atau petugas KPPS di sekitar rumah masing-masing.

"Dengan mengenalkan demokrasi sejak dini, paling tidak anak-anak kita mengetahui apa itu pemilu, apa tujuan pemilu, bagaimana proses pemilu, mengapa pemilu harus diadakan. Sehingga anak-anak kita kelak jika sudah memiliki hak memilih dan dipilih mereka sudah tidak kaget dan canggung dalam mengikutinya," lanjutnya

Maka dari itu selama kegiatan pemilu siswa-siswi SIT Gameel Akhlaq diberikan tugas P5 di lingkungan rumahnya untuk mencari informasi sendiri dengan cara melihat, wawancara, mengamati, bertanya baik kepada orang tua maupun petugas KPPS. Hal ini dilakukan agar siswa-siswi memiliki pengalaman yang menarik seputar pemilu yang dapat diceritakan di depan kelas masing-masing.

Adapun kegiatan P5 siswa-siswi SIT Gameel Akhlaq  pada kegiatan pemilu tahun 2024 adalah  melakukan wawancara atau mencari informasi sesuai dengan jenjangnya :

KELAS 1-3 :

  1. Tanggal berapa pemilu 2024 dilaksanakan?
  2. Berapa jumlah kandidat capres-cawapres (tuliskan nama dan nomor urutnya)
  3. Dokumentasikan kegiatanmu di TSP terdekat!
KELAS 4 - 6 dan SMP KELAS VII-IX :

  1. Tanggal berapa pemilu 2024 dilaksanakan?
  2. Berapa jumlah kandidat capres-cawapres (tuliskan nama dan nomor urutnya)
  3. Tuliskan nomor TPS disekitar rumah, jumlah anggota keluarga di rumah dan jumlah anggota keluarga yang memiliki hak pilih!
  4. Tuliskan perolehan hasil capres-cawapres di TPS dekat rumahmu!
  5. Tuliskan jumlah partai dan nama-nama partai yang mengikuti pemilu 2024!
  6. Dokumentasikan kegiatanmu di TPS terdekat!
Agung berharap dengan penugasan tersebut siswa-siswi SIT Gameel Akhlaq kelak akan menjadi orang yang menjaga demokrasi yang baik, santun, beradab dan bermartabat. [Jrw]