MANTAB! Wujudkan Kemudahan Ke Baitullah JSIT KoBek Jalin Kerjasama Dengan KoSPE

Summarecon Bekasi (18/01/24)-Impian Umroh dan haji ke Baitullah adalah harapan semua orang, terlebih lagi bisa terwujud dengan mudah. Baru-baru ini JSIT Kota Bekasi kembali menjalin kerjasama dengan lembaga yang khusus menangani Umroh dan Haji Plus yaitu KoSPE di restauran Solaria Summarecon Bekasi pada Kamis (18 Januari 2024) 

Menurut keterangan Dedi Hidayat (Divisi Marketing KoSPE), Koperasi Syariah Pesantren Entrepreneur atau yang disingkat dengan KoSPE yang sudah beroperasi kurang lebih 12 tahun, sebagai koperasi syariah dengan aset saat ini mencapai 12 milyar yang dikelola dengan keanggotaan sekitar 1000 anggota yang tersebar diseluruh Indonesia.

KoSPE memiliki impian yaitu membangun 1000 pesantren penghafal Al-Qur'an, saat ini sudah 5 pondok pesantren yang dibangun diantaranya berada di Cianjur, Sukabumi, Solo dan pesantren lainnya yang sedang proses pembangunan.

Menurut Dedi, awalnya KoSPE adalah koperasi serba usaha kini berubah menjadi koperasi konsumen, maka kami telah diijinkan membuka banyak unit usaha, diantaranya adalah :

  1. BC 4 HNI
  2. Unit Al-Falah Store untuk program UMKM
  3. Unit Simpan Pinjam
  4. Unit Pembiayaan Syariah
  5. Big Agro yang mengurusi lahan pertanian yang ada di daerah Cianjur dan dikelola oleh para santri KoSPE

"KoSPE juga sudah membuka dan kerjasama dibidang travel umroh dan haji atau dikenal sebagai El-Falah Travel, secara ijinnya bernama PT Navar Perdana Wisata. El-Falah Travel telah berpengalaman dengan memberangkatkan 1000 jamaah semenjak covid 19 yang lalu,"ujar Dedi yang disampaikan pada pengurus harian JSIT KoBek

Penawaran khusus KoSPE untuk JSIT kota Bekasi, bahwa semua yang ada di sekolah mulai dari kepala sekolah, guru, karyawan bahkan siswa bisa melaksanakan tabungan umroh plus.

"Program khusus untuk JSIT kota Bekasi para kepala sekolah, guru, staff dan siswa adalah SIROH+ (Simpanan Umroh plus) yang bisa terencana melalui tabungan SIROH plus dengan kemudahan, dengan pembukaan tabungan 100 ribu rupiah dengan cicilan sesuai dengan kemampuan," lanjut Dedi

Ditanya tentang respon kerjasama KoSPE dengan JSIT kota Bekasi, Kang Ikbal (ketua JSIT KoBek) menyambut baik program tersebut, karena menurutnya masih banyak sekolah yang belum berpengalaman dalam mengelola koperasi dan pengelolaan haji dan umroh. Maka dari itu Ikbal mendukung kerjasama tersebut  terjalin dengan JSIT dan anggotanya.

"JSIT KoBek menyambut baik dan hangat dengan adanya kerjasama ini, apalagi dengan adanya koperasi dan SIROH plus. Kami sebagai pintu sekolah islam terpadu memberikan rekomendasi kepada seluruh anggota yang ingin mendapatkan layanan dan kemudahan tersebut, karena saya yakin KoSPE punya pengalaman bertahun-tahun dan memiliki legalitas koperasi nasional dan berbadan hukum," ujar Ikbal

Lebih lanjut Ikbal mengatakan bahwa, dengan konsumen yang tersebar diseluruh Indonesia maka ia yakin KoSPE memiliki banyak pengalaman. KoSPE dan El-falah Travel memberikan peluang kepada Sekolah Islam Terpadu agar bisa mewujudkan impian dan cita-citanya untuk memenuhi panggilan ke Baitullah. Harapannya kebiasaan kita untuk traveling ke daerah-daerah wisata, akan bergeser untuk mengadakan wisata religi ke Mekkah dan Madinah.

KoSPE yang berdiri sejak tahun 2012 resmi terdaftar di kementerian koperasi dan UMKM RI telah bertransformasi menjadi koperasi berbasis digital serta telah mendapatkan penghargaan menjadi koperasi terbaik di Kota Bekasi. KoSPE memiliki aplikasi digital bernama MyKoSPE sebagai bentuk transparansi, interaksi, dan kemudahan bertransaksi kepanpun dan dimanapun.

Adapun pengurus KoSPE kota Bekasi adalah sebagai berikut :

Ketua : H. Bagus Hernowo, S.Pd,MM

Dewan Pengawas Syariah : Dr. H. Nur S. Buchori, S.Pd, SE, M.Si

Dewan Pengawas : Ir. H. Muhammad Anas 

[Liputan By Jrw]