Ajarkan Nilai Tauhid di Kemarau Panjang SIT Baiturrahman Adakan Shalat Istisqa

Bekasi Timur- Kemarau panjang yang melanda sebagian tanah air mengakibatkan beberapa tempat mengalami kekeringan, terutama di kota Bekasi yang mengalami kenaikan suhu panas hingga 38 derajat celcius beberapa pekan terakhir. 

Akibat dari kondisi tersebut  media sosial diramaikan beberapa keluhan warganet yang menyatakan suhu di Bekasi akhir-akhir ini terasa panas yang direspon oleh badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)

Namun, hal tersebut tidak hanya terjadi di Bekasi. Wilayah Indonesia lainnya juga mengalami hal yang sama. Hasil pengamatan BMKG menunjukkan, suhu maksimum yang terukur selama 22-28 September 2023 di beberapa wilayah Indonesia cukup tinggi. "Dengan kisaran suhu antara 35-38,0 derajat celcius pada siang hari," kata Andri kepada Kompas.com, Jumat (29/9/2023)

Menanggapi fenomena  tersebut, SIT Baiturrahman yang beralamat di jalan pulau Sumbawa No. 7 Aren Jaya Perumnas III Bekasi Timur ini, mengajarkan nilai-nilai tauhid dan ubudiyah bahwa fenomena ini semua akibat dari dosa dan kekhilafan manusia, dan harus kembali kepada Allah Subhanahu Wata'ala. Salah satu upaya tersebut adalah mengajak kepada seluruh siswa-siswi, dewan guru, karyawan dan orang tua untuk senantiasa beristighfar, memohon ampun kepada Allah.

Selain itu, SIT baiturrahman juga menghimbau kepada seluruh keluarga besar untuk berpuasa sunah dan melakukan shalat Istisqa pada Senin (02 Oktober 2023) di lapangan utama. 

Sholat istisqa yang dihadiri lebih dari 700 siswa-siswi SDIT-SMPIT Baiturrahman, diawali dengan dzikir almatsurat bersama dewan guru. 

Hadir sebagai imam dan khatib pada sholat istisqa tersebut adalah ust. Irwan Trianto, S.Pd.I. Dalam khutbahnya Irwan mengajak kepada seluruh jamaah, secara umum lagi kepada para masyarakat dan pejabat agar menyadari kondisi dan fenomena yang terjadi pada bangsa dan negera saat ini akibat kemarau panjang telah menyebabkan kekeringan, kabut asap, kebakaran hutan, gagal panen dan lain-lain.

"Marilah kita bersama-sama untuk bertaubat dengan sebenar-benarnya taubat dengan segenap kesadaran dan keikhlasan kapada Allah Subhanahu Wata'ala, serta kembali kepada aturan syariat, meninggalkan perilaku yang dimurkai Allah Subhanahu Wata'ala." demikian kutipan yang di sampaikan Irwan dalam khutbahnya di lapangan utama SIT Baiturrahman, pada Senin (02 Oktober 2023)

Dengan taubatan nasuha, Irwan berharap Allah akan mengampuni semua dosa-dosa kita, dan memberikan berkah dan rahmatnya yang diturunkan dari langit dan bumi, terutama Allah berikan hujan yang dipenuhi rahmat dari Allah Subhanhu Wata'ala, demikian disampaikan dari untaian doanya.

Salah satu guru SDIT Baiturrahman mengaku bahwa shalat istisqa perlu diajarkan kepada anak-anak sejak dini, walaupun masih usia SD mereka perlu diajarkan agar kelak mereka memahami bahwa jika kemarau panjang, itu salah satu fenomena ujian dari Allah bagi orang-orang beriman agar kembali sadar kepada Allah untuk memohon dan bermunajat kepada-Nya dengan memperbanyak istighfar, berpuasa sunah dan berdzikir. Selain itu agar mereka mengetahui tujuan dan manfaat sholat istisqa.

"Dengan diadakannya shalat istisqa siswa-siswi mengerti tata cara sholat istisqa dan manfaatnya, yaitu mendatangkan hujan melalui wasilah shalat istisqa," Ujar Ela salah satu wali kelas 2 SDIT Baiturrahman. [Jrw]