Implementasikan P5, SMPIT Darul Maza Adakan Pemira Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS

Jatiasih - (8/9/23). Pesta demokrasi siswa di SMPIT Darul Maza tahun ini berlangsung meriah. Gelaran tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena kegiatan pesta demokrasi siswa atau Pemilihan Raya (PEMIRA) ketua dan wakil ketua OSIS tahun ini menjadi salah satu kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dikarenakan  mulai tahun pelajaran 2023/2024 ini SMPIT Darul Maza sudah menerapkan kurikulum merdeka yang mana dalam muatan kurikulum tersebut kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS sejalan dengan tema suara demokrasi dalam salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila. 

Kegiatan Pemira tahun ini diawali dengan proses pembuatan kelompok yang bertujuan untuk menyaring nama-nama yang akan menjadi kandidat bakal calon ketua dan wakil ketua OSIS periode 2023-2024. Dan setelah melalui proses seleksi dan penjaringan akhirnya terpilihlah 3 kandidat pasangan calon. 


Mereka adalah Kayla Nur Azizah dan Pradipta Hanif (KayPa) sebagai pasangan calon  nomor urut 1, Muhammad Fauzan R. dan Nara Salsabila Putri (FaNA) sebagai pasangan calon nomor urut 2 dan Ananda Rain S dan Az-Zahra Nuramdhani (RaZa) sebagai pasangan calon nomor urut 3. 

Ketiga pasangan calon tersebut melakukan tahapan kampanye dari membuat tim sukses, berkampanye baik itu secara langsung maupun melalui media sosial. Penyelenggara teknis kegiatan ini adalah KPO (Komisi Pemilihan OSIS) dan dipantai oleh PANWASLU yang semuanya adalah kelas 9 dan pengurus OSIS yang sedang menjabat. 

Di hari pelaksanaan PEMIRA OSIS tersebut tidak hanya warga SMPIT Darul Maza saja yang ikut memeriahkan namun turut hadir pula unsur  yayasan, komite sekolah, kepala sekolah TK dan SDIT Darul Maza yang ikut memberikan  hak suaranya. 


Berbeda dari tahun sebelumnya dalam pemira tahun ini ada inovasi dari panitia dengan tidak lagi menggunakan kertas suara tetapi menggunakan E-Voting dimana setiap pemilih tinggal mengklik photo pasangan calon yang tersedia di laptop yang sudah tersedia di bilik suara. E-Voting ini digunakan sebagai implementasi bahwa SMPIT Darul Maza bisa memanfaatakn IT dalam kegiatan sekolahnya.  


Sebelum  acara pemilihan terlebih dahulu dibuka dengan acara pembukaan yang dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dan sambutan-sambutan. Dalam sambutannya Ihsan Ali ketua KPO menyampaikan terima kasih kepada semua pihak karena kegiatan PEMIRA OSIS tahun ini bisa berjalan dengan sukses, Ihsan juga menyampaikan bahwa kegiatan PEMIRA OSIS yang merupakan salah satu  Projek P5 dengan tema suara demokrasi yang kami jalani selama beberapa pekan ini merupakan pembelajaran untuk kami dalam banyak hal. Semoga kegiatan ini semakin menambah pengetahuan kami tentang apa itu demokrasi. 

Yayat Riatna, M.PD kepala SMPIT Darul Maza dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa dengan kegiatan ini diharapkan siswa - siswi dapat mengetahui dan terlibat secara langsung bagaimana berdemokrasi, mampu mengimplementasikan sistem demokrasi pada satuan pendidikan, membentuk kaderisasi kepemimpinan yang demokratis guna menampung aspirasi siswa dan warga SMPIT Darul Maza.

“Pemira SMPIT Darul Maza, menjadi pembelajaran kita semua terutama siswa-siswi yang kelak akan menjumpai pesta demokrasi yang ada di Indonesia. Di masa yang akan datang kalian akan menjadi warga negara yang memiliki hak dipilih atau memilih calon pemimpin yang akan datang,” ujar Yayat dalam sambutannya  

Selain itu Yayat juga berharap sisw/i SMPIT Darul Maza ke depan akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa yang unggul dan amanah. Acara dibuka secara resmi pada pukul 08.30 WIB oleh kepala sekolah dengan diiringi tabuhan hadroh yang dimainkan oleh siswa-siswa SMPIT Darul Maza, pada Jumat (08 September 2023) 

Seiring dengan dibukanya secara resmi tersebut menandakan dibukanya TPS (Tempat Pemungutan Suara). Yang pertama masuk ke TPS adalah para kandidat bakal calon selanjutnya oleh undangan Yayasan dan Komite Sekolah. TPS ditutup pada pukul 11.00 WIB dan langsung diumumkan hasil perolehan suara yang sudah otomatis terekam dalam sistem. 

Hasil rekapitulasi digital terpilih pasangan Ananda Rain Syahputra dan Az-Zahra Nuramadani Y. (RaZa) pasangan nomor urut 3 sebagai ketua dan  wakil ketua terpilih dengan perolehan 63 suara unggul tipis atas pasangan nomor urut 2 M. Fauzan Raditya L dan Nara Salsabila P.A  (FaNa) dengan perolehan 59 suara sedangkan pasangan nomor urut 1 Kayla Nur Azizah dan Pradipta Hanif (Kay-Pa) memperoleh 10 suara. 

Dalam pidato kemenangannya Rain mengucapkan terima kasih kepada tim sukses dan pendukungnya yang telah membantunya dalam proses PEMIRA OSIS sehingga ia terpilih menjadi ketua OSIS, ia berjanji akan menjalankan visi dan misi dan program-program yang telah disampaikan saat kampenya OSIS. Ia juga memohon do’a agar bisa menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab. (RO)