Songsong Tahun Ajaran Baru, SDIT Al Hambra Adakan Raker Guru dan Karyawan

Bekasi Selatan (27/06/23)-Menyongsong Tahun Ajaran Baru, SDIT Al-Hambra mengadakan Rapat Kerja (Raker) guru dan staff untuk Tahun Kerja 2023 2024 yang dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 17 dan 26 Juni 2023 bertempat di SDIT Al-Hambra dengan tema “Bersama membangun sinergi menuju peningkatan mutu pendidikan SDIT Al-Hambra “. 

Sebelumnya sudah dilaksanakan Pra Raker pada tanggal 10 Juni 2023 yang berisi materi evaluasi kegiatan selama tahun pelajaran 2022/2023 sebagai dasar perumusan rencana kegiatan/program yang akan dibuat oleh setiap komisi pada kegiatan raker untuk tahun ajaran yang baru.  Kegiatan Raker pada tahun ini berbeda dengan kegiatan raker pada tahun-tahun sebelumnya, karena dilakukan berbarengan dengan persiapan kegiatan pelepasan  kelas VI dan proses penilaian rapot asesmen sumatif akhir tahun. 

Rapat Kerja SDIT Al-Hambra dilaksanakan dengan agenda utama membahas persoalan-persoalan pokok. Adapun pembahasan pokok yang dimaksud dibagi dalam 3 Komisi Pembahasan, yaitu; 1) Komisi A yang membidangi Kurikulum, 2) Komisi B Kesiswaan dan 3) Komisi C yang membidangi Ekstrakurikuler. 

Sementara yang membidangi  permasalahan lain-lain yang ada dan mungkin akan ada dibahas dan diselesaikan dalam forum-forum rutinitas berikutnya sesuai dengan program kegiatan yang akan dituangkan dalam rencana/program sekolah.

Ketua bidang pendidikan YIAMPPI Bapak Parsono. M. Noor, S.Sos.I, membuka kegiatan Raker tersebut dan berpesan agar dibuatlah program-program yang ideal, kreatif dan inovatif  untuk bisa lebih memajukan SDIT Al-Hambra. 

"Contoh dan tauladani para pendiri perguruan Islam besar di Indonesia, seperti almagfurllah KH. Abdullah Syafi'i, pendiri perguruan Asyafi'iyah Jakarta KH. Nur Ali yang mendirikan Ponpes Attaqwa Bekasi sekaligus pejuang kemerdekaan, serta pendiri Ponpes Gontor Jawa Timur KH. Ahmad Sahal, bagaimana para ulama-ulama itu tersebut gigih dan istiqamah dalam berjuang didunia pendidikan, terutama pendidikan Islam walaupun terbatas sarana, finansial serta banyak halang rintang"  demikian ujarnya kepada peserta raker

Kegiatan Raker berlangsung santai, tapi semua peserta terlihat serius. Apalagi setiap Komisi yang terdiri dari 5 peserta diminta untuk membuat yel-yel yang menambah keseruan dan  tidak jenuh mengikuti kegiatan Raker. 

Setelah semua Komisi menyelesaikan tugasnya, lalu mereka secara bergantian mempresentasikan hasil tugasnya, dan komisi yang lain dapat mengkritik, dan memberikan saran terhadap komisi yang menyampaikan presentasi.

Kegiatan raker ditutup oleh kepala sekolah, ibu Elawati, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua peserta Raker yang telah membuat dan menyusun program-program sekolah untuk tahun kerja 2023-2024. 

"Semoga kita dapat menjalankan semua program dan rencana kegiatan yang telah kita susun untuk tahun ajaran 2023-2024 dengan lancar dan diridhoi Allah SWT" pungkasnya.

Keseruan dalam raker bertambah pada saat kepala sekolah mengumumkan dan memberikan hadiah bagi komisi yang yel-yel nya dinilai terbaik, yang diraih oleh Komisi B, serta apresiasi bagi peserta yang selalu menanggapi hasil presentasi setiap komisi yang diberikan kepada Bapak Ahmad Kosasih, S.Pd.I.

Rapat Kerja (raker) guru dan Staff SDIT Al-Hambra merupakan forum resmi yang rutin dilaksanakan dalam setiap tahunnya untuk mengevaluasi segala bentuk kegiatan yang telah berjalan, merancang dan memprogram kegiatan-kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan dalam satu tahun kedepan.

Tujuan rapat kerja seluruh guru dan staff SDIT Al-Hambra Tahun pelajaran 2023/2024 secara umum adalah menjadi sarana/ajang untuk membahas dan merencanakan tentang tugas guru / karyawan / personil / pengelola sekolah secara bersama-sama dalam mewujudkan visi, misi, dan tujuan sekolah sebagai bagian dari tugas mewujudkan pencapaian tujuan pendidikan sekolah yakni mencetak generasi Qurani. Kegiatan ini banyak membahas terkait Evaluasi pembelajaran dan membuat program kegiatan yang berhubungan dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) guru dan karyawan serta stakeholder sekolah dengan harapan kualitas sekolah makin meningkat.

Manfaat lain yang diharapkan dengan terlaksananya kegiatan ini adalah dapat memberikan nuansa suasana yang bermakna baik secara lahir maupun batin terhadap segenap guru dan karyawan sehingga mampu menata hati untuk melangkah pasti dengan meningkatkan kinerja dalam memikul tanggung jawab dan melaksanakan tupoksi di sekolah guna tercapainya visi, misi, dan tujuan SDIT Al-Hambra. [@Hasan]