Paling Beda! Begini Khotmul Qur'an dan Imtihan Metode Ummi Pada Pelepasan Kelas VI SDIT Al Hambra

Bekasi Timur (20/06)-SDIT Al-Hambra melaksanakan acara Pelepasan siswa-siswi kelas VI angkatan ke XVI yang berlangsung di Gedung Istanaku Bekasi Timur, pada Selasa (20/6/2023). Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, acara Pelepasan Kelas VI kali ini dibarengi dengan acara Khotmul Qur'an dan Imtihan Metode Ummi.

Hadir dalam acara tersebut para Dewan Pembina YIAMPPI, diantaranya adalah Bapak H. Achmad Yani, SH. MH (selaku Ketua Yayasan Islam Al-Muhajirin PPI) serta jajaran pengurusnya. 

Hadir juga sejumlah tamu undangan pada acara tersebut, diantaranya adalah Ibu. Hj. Siti Nuryati, M.pd (pengawas pendidikan), Abdul Kholik, M.pd (Ummi Foundation Bekasi), pengurus forsitamag dan korlas kelas 1-5

Acara yang dimulia pada pukul 07.30 - 12.00 WIB itu diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an serta saritilawah oleh ananda Nafeeza dan Kamila, keduanya siswi kelas IV, dilanjutkan dengan acara Khotmul Qur'an dan Imtihan Serta Uji Publik Juz 30 dan Tartil Metode Ummi yang diikuti semua siswa kelas VI sebanyak 44 siswa dan dipandu langsung oleh Ust. Abdul Malik

Pada acara Uji Publik tersebut para wali murid dan tamu undangan dipersilahkan untuk bertanya atau menguji kemampuan peserta uji publik seputar hafalan juz 30 dan materi tartil yang telah dipelajari. Dalam kesempatan itu ada beberapa dari tamu undangan yang memberi hadiah sebagai bentuk apresiasi atas jawaban yang disampaikan oleh peserta. 

Kegiatan Khotmul Qur'an dan Imtihan serta Uji Publik tersebut diakhiri dengan keharuan yang mendalam ketika salah satu peserta membacakan puisi dengan tema Ayah Ibu, yang dibacakan dengan penuh penghayatan oleh ananda Raessa, sehingga semua hadirin meneteskan air mata, dan keharuan tersebut semakin terasa saat satu persatu-satu peserta uji publik turun membawa setangkai bunga mawar untuk diberikan kepada kedua orangtua masing-masing. Saat itulah puncak tangis bangga, bahagia dan haru pecah saat mereka berpelukan erat.

Kepala Sekolah, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada siswa-siswi kelas VI yang telah menempuh pendidikan selama 6 Tahun yang sebentar lagi akan berpisah dan meninggalkan SDIT Al-Hambra serta akan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

“Selamat kepada siswa-siswi kelas VI yang telah menyelesaikan pendidikannya di SDIT Al-Hambra, dan juga telah melakukan ujian  Munaqasyah metode Ummi baik Munaqasyah tahfidz juz 29, 30 maupun Tartil dan Tahsin. Semoga kelak di Syurga kalian dapat memakaikan mahkota kepada kedua orangtua. Sukses untuk kalian semua, terus mengukir prestasi di tingkat selanjutnya. Dan jangan lupa jaga akhlak kita, perlihatkan inilah lulusan SDIT Al-Hambra  yang berakhlak mulia, yang mencintai Al-Qur'an dan mengamalkannya" demikian pesan yang disampaikan kepala SDIT Al-Hambra, ibu Elawati, M.Pd

Beberapa penampilan yang menghiasai acara tersebut diantaranya adalah penampilan seni hadroh dan tari kreasi yang dibawakan oleh siswa-siswi SDIT Al Hambra. 

Pada acara yang penuh haru dan hikmat tersebut pengawas pendidikan memberikan apresiasi pada SDIt Al Hambrayang selama ini telah komitmen menjalankan kurikulum merdeka dengan baik sesuai dengan nilai-nilai P5 diantaranya adalah beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif

" Selamat untuk anak-anak kelas 6 yang sudah dinyatakan lulus, kalian anak-anak yang hebat, semoga cita-cita kalian tercapai. Selamat juga untuk SDIT Al-Hambra yang telah mampu mendidik siswa siswinya menjadi anak-anak yang hafidz Qur'an, yang in syaa Allah berakhlakul karimah. Terus tingkatkan prestasi, apalagi tahun ajaran yang akan datang semua sekolah sudah menggunakan Kurikulum Merdeka, lanjutkan dan pertahankan yang sudah baik, terus berinovasi. Dan kalau bisa dibangun SMPIT Al-Hambra "  lanjut Siti Nuryati, dalam sambutannya

Acara kemudian dilanjutkan dengan Prosesi Wisuda yang diisi dengan pengalungan medali oleh kepala sekolah sebagai pertanda mereka dinyatakan Lulus. Prosesi tersebut berlangsung khidmat dan mengharukan. 

Mewakili wisudawan, Chika memberikan sambutan menyampaikan ucapan terima kasih dan permohonan maaf kepada bapak dan ibu guru. 

" Semoga bapak ibu guru selalu sehat " tukasnya

Kemudian Chika didampingi temannya, Vanesh memberikan plakat kenang-kenangan kepada sekolah yang diterima oleh kepala sekolah, Ibu Elawati, M.Pd.

Sementara itu, Bapak Rafiudin Turwaedi ayah dari ananda Ayka Dara Rafid mewakili sambutan orangtua murid kelas VI mengatakan, ia bangga menyekolahkan putri-putrinya di SDIT Al-Hambra.

"Mewakili wali murid kelas VI angkatan XVI, kami menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada bapak ibu guru semua yang telah begitu sabar dalam mendidik anak-anak kami selama enam tahun ini. Dan saya pribadi sangat bangga kedua putri saya bersekolah di SDIT Al-Hambra, karena kami merasakan kualitas anak-anak kami selama mengenyam pendidikan di SDIT Al-Hambra. Putri kedua saya sudah lulus sebelumnya tiga tahun yang lalu, dan sekarang ini putri ketiga saya yang lulus dari SDIT Al-Hambra" ujarnya.

Di ujung acara sebelum ditutup, ada pemberian penghargaan dan hadiah diantaranya untuk siswa berprestasi yang diraih oleh ananda Vanesh, untuk siswa yang hafalan Al-Qur'annya terbanyak melebihi 2 Juz yang diraih oleh ananda Ayka Dara Rafid, ananda Calixta, ananda Khalisa Lovi Keita, ananda Yusuf, dan ananda Revansyah serta pemberian penghargaan untuk para Korlas. Tidak mau ketinggalan, para ibu-ibu walimurid kelas VI  ikut tampil di atas panggung menyanyikan sebuah lagu serta puisi. 

Alhamdulillah berkat Inayah dari Allah SWT dengan ikhtiar kerjasama dan kekompakan dari semua Panitia Pelaksana yang diketuai oleh Bapak Ali Ahmad Attijani, S.Pd.I serta para dewan guru, acara Pelepasan Kelas VI sekaligus Khotmul Qur'an dan Imtihan berjalan dengan baik, lancar dan sukses. [H@s@n]