Keren Banget! Tingkatkan Mutu Program Al-Qur’an SDIT Gameel Akhlaq Adakan Munaqosyah

Rawalumbu (15/06)- Munaqosyah Al-Qur'an adalah ujian tahfidz/tahsin sebagai salah satu program yang dilakukan untuk mengevaluasi kemampuan siswa dalam menghafal dan membaca Al-Quran dengan baik. Dalam ujian Munaqosah tahfidz/tahsin, siswa akan diuji dalam dua hal yaitu hafalan dan bacaan.

Sejak awal berdiri, munaqosyah Al-Qur’an telah menjadi program pendukung SDIT Gameel Akhlaq sebagaimana motonya yaitu “Taman Al-Qur’an dan Sains” yang menggambarkan bahwa dimanapun tempat dan sudut SDIT Gameel Akhlaq selalu menjadi nuansa Al-Qur’an bagi siswa-siswinya, seperti di kelas, di masjid, di teras bahkan di bawah pohon sekalipun semua menjadi nuansa taman-taman Al-Qur’an.

Munaqosyah Al-Qur’an yang diadakan sejak Senin-Kamis (12-15 Juli 2023) berjalan dengan tertib dan lancar dan diikuti oleh siswa-siswi kelas I sampai kelas V di aula Gameel Akhlaq. Dalam sambutan pembukaan munaqosyah Agung Nursidik (kepala sekolah) menyampaikan bahwa munaqosyah menjadi bagian program pendukung Al-Qur’an yang sudah ada sejak sekolah berdiri.

“Munaqosyah adalah program pendukung Al-Qur’an SDIT Gameel Akhlaq sejak awal berdiri, maka dari itu saya memohon kepada anak-anak agar selalu serius dalam menjalankan program tersebut, tunjukan kemampuan kalian di depan guru, temen-temen dan orang tua yang hadir malalui live streaming youtube,” ungkap Agung dalam sambutannya, pada Senin (12 Juni 2023) di aula Gameel Akhlaq

Lebih lanjut Agung menyampaikan bahwa, munaqosyah Al-Qur’an juga bagian dari syarat kenaikan kelas,

“munaqosyah Al-Qur’an juga menjadi syarat kenaikan kelas, harapan sekolah kalian bukan hanya cerdas secara mata pelajaran, tetapi kemampuan dibidang Al-Qur’an juga harus semakin baik. Nilai pelajaran bagus dan hasil munaqosyah bagus itu keren,” lanjutnya

Namun demikian, Agung juga berharap kepada seluruh siswa-siswi bahwa kelak mereka bukan hanya membaca dan menghafal Al-Qur’an tetapi harus mengajarkan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari sebagaimana Rasulullah SAW bersabda “ sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya” (HR. Tirmidzi)

Terpisah, ditanya tentang tujuan diadakannya munaqosyah Al-Qur’an, Ust. Ahmad Sayuti, S.Pd.I (koordinator Al-Qur’an) mengatakan bahwa program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an.

“Tujuan munaqosyah adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an, sebagai sarana untuk murojaah bersama-sama dan melatih sikap mental siswa agar terbentuk pribadi pemberani yang berpegang teguh kepada al-quran,” ungkap Sayuti

Materi yang diujikan pada munaqosyah Al-Qur’an adalah, kelas tahfidz mereka akan diuji hafalannya dengan sambung ayat secara acak dan untuk kelas tahsin akan di uji bacaan Al-Qur'an dan jilid Umminya.

Beberapa siswa-siswi mengaku bangga dan senang dengan program tersebut, walaupun ada beberapa mereka yang sempat grogi namun bisa menghadapinya dengan baik.

Quena dan Adel siswi kelas 4 Abdurrahman, mengaku  persiapan yang dilakukan dalam menghadapi munaqosyah adalah dengan mengulang-ulang hafalan juz 30 di rumah dan di sekolah, mereka mengaku sempat deg-degan, tapi mencoba untuk tetap semangat dalam menghadapinya dan berharap memberikan penampilan yang terbaik. [Jrw]