Sarasehan Yayasan JSIT Jawa Barat, Sebagai Sarana Penguatan YAYASAN SIT di Priangan Timur

Hotel Harmoni Garut (25/05)-Sarasehan yayasan sukses digelar oleh JSIT Jawa Barat pada hari Rabu (25 Mei 2023) yang bertempat di Hotel Harmoni kabupaten Garut.

Menurut Aep Syarifuddin, S.Si,MT (ketua JSIT Jawa Barat) sarasehan tersebut diadakan sebagai sarana untuk memperkuat kelembagaan yayasan SIT yang tergabung di JSIT Jawa Barat.

“Alhamdulillah sarasehan yayasan SIT berjalan lancar, untuk saat ini sarasehan difokuskan untuk wilayah Priangan Timur, agar JSIT di wilayah Priangan Timur ini semakin merata tersebar di wilayah Jawa Barat, namun anemo kehadiran cukup besar sehingga banyak yang hadir dari wilayah lain dengan sekitar 100 lembaga” ujar kang Aep, melalui sambungan telepon pada Minggu (28 Mei 2023)

Tema yang diusung pada sarasehan tersebut adalah ‘Transformatif dan Inklusif Dalam Membangun Bangsa Melalui Pendidikan di SIT’. Hadir sejumlah narasumber nasional yang mengisi acara tersebut diantaranya adalah ketua dewan Pembina JSIT Indonesia Dr. H. Sukro Muhab, M.Si dengan materi tantangan global terhadap dunia pendidikan. Beliau mengingatkan bahwa peran lembaga sangat memberikan pengaruh bagi kemajuan sebuah bangsa melalui penyelenggaraan sekolah-sekolah Islam. Sehingga sekolah-sekolah yang hadir dapat menunjukan sebuah performance dan profesionalitas serta inklusifitas dalam menghadapi tantangan jaman yang ada baik teknologi dan regulasi yang semakin cepat mengalami perubahan

Menurup Aep, yayasan perlu memiliki daya imun yang kuat agar SIT dapat bertahan dalam memberikan kontribusi pada dunia pendidikan di Indonesia.

“Yayasan SIT harus memiliki imun yang kuat sehingga dapat mengalami pertumbuhan baik secara kualitatif dan kuantitatif, karena masih banyak diantara saudara-saudara kita yang mengalami kesulitan dalam meningkatkan ataupun mengembangkan jumlah peserta didiknya bahkan ada yang mengalami penurunan”, lanjut Aep

Maka dari itu ungkap Aep, perlunya sarasehan yayasan ini sebagai bentuk kolaboratif saling menguatkan antara yayasan yang satu dengan yang lainnya, sehingga lebih bermutu, unggul dan berdaya saing dengan kondisi saat ini.

Kolaboratif antar yayasan juga melahirkan support dan usulan program kegiatan yang dapat dikolaborasikan dengan bidang-bidang yang ada di JSIT Jawa Barat, sehingga menghasilkan program yang sesuai dengan kebutuhan yayasan dan SIT. Kedepan JSIT juga akan kembali mengadakan acara yang sama pada wilayah lainnya seperti Bandung raya, Bogor, Bekasi yang jumlah anggotanya lebih banyak. [Jrw]