Rakorwil JSIT Jawa Timur Rekomendasikan Optimalisasi Pelayanan

JSIT Jawa Timur-Ada beberapa sekolah yang menanyakan jika nanti bergabung menjadi anggota Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia, apa manfaat yang akan mereka dapatkan. Sebagian sekolah yang sudah resmi bergabung jadi anggota JSIT juga berharap mendapatkan manfaat yang lebih banyak lagi.

Hubungan yang ingin dibangun antara JSIT dengan sekolah anggota bukanlah transaksional. Misalnya sekolah baru mau bergabung dengan organisasi ini kalau dijanjikan akan mendapatkan manfaat. Kami ingin membangun hubungan yang sifatnya lebih kolaboratif, yaitu saling menguatkan antara JSIT dengan sekolah-sekolah anggotanya. Jika JSIT semakin kuat dan berdaya, maka akan semakin besar kontribusinya untuk menguatkan anggotanya. Demikian pula ketika sekolah-sekolah anggota lebih proaktif menyukseskan agenda JSIT, maka organisasi perhimpunan pendidikan ini akan semakin kokoh dan produktif.

JSIT Indonesia Wilayah Jawa Timur berupaya untuk terus meningkatkan kualitas layanannya kepada masyarakat luas, khususnya untuk para anggotanya. Hal ini tercermin dari rekomendasi Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) JSIT Jatim. Program yang dirancang oleh BPH bersama 13 Bidang dalam struktur kepengurusan lebih prioritas pada pemberian layanan kepada sekolah-sekolah di Jawa Timur.

Setiap sekolah pasti membutuhkan penguatan manajemen pengelolaan sekolah dan peningkatan keterampilan mengajar guru-gurunya. Kebutuhan ini akan dikawal oleh Bidang Penjaminan Mutu. Pelatihan untuk meningkatkan kapasitas para pendidiknya juga siap dihandle Pusdiklat JSIT.

Guru yang ideal tidak hanya berkompeten pada aspek skill mengajarnya, aspek penguatan spiritual dan motivasi tetap harus dijaga. Maka Bidang Bina Pribadi Islami sudah menyiapkan sistem untuk menjaga spirit dan orientasi guru-guru. Kesempatan siswa untuk mengikuti kompetisi resmi di level Kabupaten/Kota hingga Propinsi akan difasilitasi oleh Bidang Pembinaan Prestasi Siswa. Melalui perlombaan yang difasilitasi oleh JSIT akan memperbanyak portofolio prestasi sekolah dan siswanya. 

Program unggulan di hampir semua sekolah Islam adalah pembelajaran Al-Quran. JSIT siap mengfasilitasi ketuntasan Al-Qur’an melalui metode IWR (Ilman Wa Ruhan). Setiap lembaga pendidikan juga perlu untuk mempromosikan kelebihannya kepada masyarakat luas, hal ini yang akan dibantu oleh Bidang Humas melalui berbagai media yang dimilikinya. Bahkan kebutuhan untuk penguatan pengelolaan yayasan juga akan difasilitasi oleh Bidang Kelembagaan. InsyaAllah hampir semua kebutuhan untuk meningkatkan mutu sekolah siap difasilitasi oleh JSIT Indonesia.

Kami meyakini hadirnya JSIT Indonesia ini akan memberikan kontribusi positif untuk memajukan negeri Indonesia tercinta. Hal ini tercermin dari visi organisasi yaitu menjadi penggerak dan pemberdaya sekolah Islam menuju kejayaan Indonesia. Setiap sekolah yang bergabung menjadi anggota JSIT pasti akan mendapatkan manfaatnya. Minimal meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah, karena indentitas sebagai anggota resmi JSIT Indonesia sudah bisa menjadi garansinya. Kami juga mendorong semua JSIT Daerah agar lebih aktif lagi menyelenggarakan agenda-agenda layanan kepada sekolah anggota di sekitarnya.

Dengan demikian, hadirnya JSIT ini semakin dirasakan dampak positifnya terutama bagi sekolah yang sudah bergabung di dalamnya. Apabila ada sekolah yang keberatan dengan kebijakan iuran anggota, perlu mencari solusi lain agar iuran ini tidak terasa memberatkan. Iuran yang ditunaikan tiap bulan pasti akan lebih meringankan dibanding jika iuran itu ditunaikannya setahun sekali. Apalagi jika sumber dananya bisa difasilitasi melalui infaq siswa, dengan jumlah hanya 2 ribu dalam 1 bulan akan terasa sangat ringan bagi mereka. Iuran rutin anggota ini sebagai bentuk komitmen kepemilikan setiap anggota terhadap organisasinya. Semoga JSIT Indonesia Wilayah Jawa Timur ke depan dapat lebih berperan dan berkontribusi untuk memajukan Indonesia melalui bidang Pendidikan. [Repost JSIT Jatim]