Eratkan Ukhuwah Orang Tua dan Sekolah SDIT Al-Hambra Adakan Parenting dan Jalan Sehat

Bekasi Selatan (13/05)-Mengawali kegiatan pembelajaran pasca libur lebaran SDIT Al-Hambra mengadakan kegiatan Parenting dan Jalan Sehat. Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperat silaturahim sekolah dengan wali murid serta antar wali murid sekaligus Halal BI Halal. 

Kegiatan ini diikuti oleh semua warga sekolah. Semua siswa mulai dari kelas 1 sampai dengan siswa kelas 6 beserta para orangtua/wali murid, kepala sekolah, para guru dan penjaga sekolah. Semua antusias mengikuti kegiatan ini dengan senang hati dan riang gembira.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari wali murid dan warga sekitar. Itu terbukti dengan kedisiplinan dan kehadiran semua siswa. Juga kesiapan siswa dalam mengikuti kegiatan ini dari awal sampai selesai.

Untuk jalan sehat, rute yang diambil melewati jalur yang tidak jauh. Namun rute yang dilewati tidak mudah karena salah satu rutenya melalui jalan yang cukup ramai kendaraan. Walaupun jalan yang dilalui seperti itu tak mengurangi semangat para peserta, karena selama perjalanan dibantu juga pengamanan dari pihak Kepolisian Sektor Bekasi Selatan, sehingga perjalanan menjadi tertib serta lebih aman, dan semua peserta jalan sehat tetap bersemangat mulai dari start sampai finish yang berakhir di sekolah.

Kegiatan tersebut semakin semarak dengan adanya bazar, sehingga para peserta dapat memilih berbagai macam jenis minuman atau makanan yang tersedia distand-stand bazar.

Acara jalan sehat yang diawali sambutan Kepala Sekolah, Ibu Elawati, M.Pd dan dibuka oleh Ketua Bidang Pendidikan Yayasan Islam Al-Muhajrin Pondok Pekayon Indah yaitu Bapak Parsono. M. Noor, S.Sos.I itu juga diisi dengan pemberian beragam hadiah dan doorprize menarik bagi yang beruntung.

Setelah itu baru kemudian dilanjut kegiatan Parenting. Kegiatan parenting tersebut dibagi dua lokasi yang dilakukan secara bersamaan, yaitu untuk kelas 1 - 3 di Masjid, sementara untuk kelas 4 - 6 di Aula. 

Kegiatan parenting diawali dengan beberapa penampilan seni dari siswa-siswi SDIT Al-Hambra, pemberian doorprize, ada juga fun game, sehingga seluruh peserta baik yang di masjid ataupun di aula sangat antusias mengikutinya. Kemudian baru setelah itu materi parenting yang diisi melalui dongeng yang disampaikan oleh Kak Adi dan Kak Hendra, ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Bapak Mislan, S.Pd.I

Salah satu wali murid dari orangtua Muhammad Alfaregi, siswa kelas VI mengatakan,  "Alhamdulillah acara parenting days seperti  ini bagus banget karena sangat memotivasi oragtua bagaimana menjalin kedekatan dengan anak selain itu juga menyambung hubungan silaturahmi wali murid ke sesama wali murid dan kepada guru", ujarnya

"Sebisa mungkin setiap tahun tetap mengagendakan acara ini bu. Itu sih bu pendapat dari saya", lanjutnya

Sementara itu, Ibu Nurmawati, S.Pd.I, selaku Ketua Pelaksana Kegiatan mengatakan acara ini ini merupakan ajang yang dijadikan momentum untuk kebersamaan.

"Alhamdulillah secara keseluruhan acaranya berjalan lancar, pada saat fun games orangtua dan anak semuanya happy karena ini sebuah momentum yang jarang mereka lakukan", ujar Nurwati pada Sabtu (13/05/2023)

Walau demikian ada diantara siswa kelas rendah yang merasa untuk kegiatan jalan sehat, rute yang ditempuh terlalu jauh untuk kelas 2 - 3, tapi mereka berusaha sekuat tenaga untuk sampai finis dengan baik.

"Maa syaa Allah, alhmdulillah untuk acara jalan sehat dan parentingnya tadi sudah bagus, cuma mungkin saran untuk jarak track kelas 1-3 bisa di buat jangan terlalu jauh, tapi tadi sepertinya sudah ada revisi yah, dari track yg awal sampai lagoon…hehehe" Ungkap orang tua, mama Raden Laisa Qia Fatimah, siswi kelas II Ibnu Firnas.

"Dan alhamdulillah tadi juga untuk pengamanan jalan sehatnya sudah baik, alhamdulillah karena ada bantuan dari polisi juga, next mungkin biar lebih aman dan ada alternatif pilihan lain olahraganya biar gak bosan, bisa di taman atau di lapangan", lanjutnya 

"Kalau untuk acara parentingnya juga bagus, alhamdulillah fun, menghibur tapi mengedukasi juga dan tidak terkesan menggurui jadi reminder buat para orang tua dalam mendidik, mendampingi dan membersamai anak-anak, jadi tidak terasa bosan karena gamesnya seru dan menciptakan bonding juga antara orangtua dan anak, pokoknya alhamdulillah acara hari ini maa syaa Allah sudah bagus menurut saya baik dari segi persiapan, panitia serta tamu, acaranya sudah sangat baik. Terimakasih kepada para guru, korlas dan semua tim dari Al Hambra buat acara hari ini", tutupnya

Dengan diadakannya kegiatan Parenting dan Jalan Sehat ini, semoga seluruh civitas keluarga besar SDIT Al-Hambra senantiasa sehat, serta diharapkan adanya sinergi yang semakin erat antara sekolah dan orangtua/walimurid dalam proses pendidikan anandanya. [@hasan]