Seru Banget! Begini Semarak Puncak Tema SDIT Al Hambra

Bekasi Selatan (11/03)-Alhamdulillah, hari yang ditunggu seluruh siswa-siswi dan para wali murid tiba juga.

Sabtu, 11 Maret 2023, SDIT Al-Hambra Bekasi Selatan Kota Bekasi dengan Rahmat Allah SWT, sukses melaksanakan event tahunan, Gelar Seni & Pameran Budaya, Harmoni dalam Keberagaman pada kegiatan Puncak Tema  dengan tema "Merajut Kebersamaan untuk Menggali Potensi dan Kreatifitas dalam Keberagaman Negeri". 

Acara ini dipersembahkan oleh seluruh siswa dan siswi SDIT Al-Hambra mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Ini juga merupakan puncak tema dari rangkaian pembelajaran selama hampir dua semester ini. 

Pada kegiatan Puncak Tema kali ini diselenggarakan di area Lagoon Avenue Mall Bekasi dan dihadiri oleh Bapak Darwis Sofyan, S.Kom selaku Wakil Ketua Bidang Pendidikan YIAMPP. Bapak Soedjito sebagai Ketua RW 18 PPI. Selain  itu hadir pula Pengawas Binaan SD UPP Bekasi Selatan Ibu Hj. Nuryati, M.Pd. 

Rangkaian acara dibuka dengan penampilan ekskul Karate. Dilanjutkan dengan pembacaan Al-Qur'an, serta sambutan dari Kepala Sekolah, Wakil Ketua Bidang Pendidikan YIAMPPI dan Pengawas Binaan SD UPP Bekasi Selatan, serta sambutan ketua RW 18 PPI. 

Para siswa menampilkan berbagai tarian, lagu daerah  dan drama musikal serta berbagai kreatifitas seni lainnya yang sudah dipersiapkan dengan sangat baik selama kurang lebih 1 bulan sebelumnya. Selain itu ditampilkan pula berbagai unggulan ekstrakurikuler seperti penampilan dari English Club melalui story telling, marchingband, angklung, tari dan karate yg tampil sebagai pembuka acara. 

Acara Puncak Tema semakin meriah dengan adanya pameran budaya dan hasil karya dari setiap kelas yang dipamerkan. Dalam kegiatan ini para orang tua murid juga ikut berperan. Selain membantu dalam proses latihan dan lain-lain untuk penampilan, mereka juga ada yang berpartisipasi  membuka stand dagangan untuk memeriahkan acara tersebut. 

"Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan Puncak Tema SDIT Al-Hambra ini, saya kebagian berkahnya, bisa ikut bazar. Selain itu menambah motivasi juga untuk Rafa biar semangat sekolahnya" Tutur wali murid dari orangtua ananda Rafa kelas 1 Al-Farabi. 

"Top banget acaranya, saya sangat senang dan bangga bisa ikut tampil di acara puncak tema ini" Ujar Khanza siswi kelas 5 Al-Biruni. 

Ketika ditanya penampilan kelas berapa yang paling baik, Khanza mengatakan Kelas 6 yang penampilannya memukau menurutnya. "Semua penampilan kelas bagus-bagus, tapi menurut saya diantara yang bagus, penampilan kakak kelas 6 yang paling memukau, termasuk kelas saya dong" Ujarnya sambil tersenyum lebar. 

Acara yang dimulai pukul 10.00 dan berakhir pukul 15.00 itu berlangsung sangat meriah dengan antusias yang begitu besar dari para siswa dan wali murid untuk menyaksikan setiap penampilan hingga akhir. 

"Acaranya keren banget. Karenakan gini ya, biasanya acaranya disekolah, baru kali ini diluar, pokoknya keren banget, mudah-mudahan tahun-tahun berikutnya lebih bagus lagi, lebih kreatif lagi" Demikian kesan dari wali murid dari ananda Syahira siswi kelas 5 Al-Dinawari. 

Sementara seorang wali murid bernama Bapak Aris mengatakan : "Saya tidak menyangka, ini luar biasa. Anak-anak sangat excited. Al-Hambra melebihi ekspetasi saya" Ungkap orangtua ananda Aqilla Fahima Ulum tersebut, siswi yang duduk di kelas 2 Ibnu Sina. 

"Semoga anak saya lebih semangat lagi belajar di Al-Hambra dan lebih berkreatifitas, pokoknya Al-Hambra Recommended banget"  Beliau menambahkan. 

Pendidikan secara praktis tak dapat dipisahkan dengan nilai-nilai budaya dan untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan itu sendiri,  SDIT Al-Hambra menyelenggarakan kegiatan Festival Budaya ini dalam bentuk kegiatan Puncak Tema. Karena proses mentransfer nilai budaya yang paling efektif adalah melalui proses pendidikan. Kedua hal ini sangat erat sekali hubungannya karena saling melengkapi dan mendukung satu sama lainnya. 

Semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa bangga dalam diri para siswa dan siswi menjadi anak Indonesia dan meningkatkan kecintaan terhadap budaya Indonesia. Sehingga kelak membawa manfaat yang baik untuk bangsa Indonesia dimasa yang akan datang. 

Jazakumulloh khoiron jazaa untuk Tim Puncak Tema kelas 1-6 SDIT Al-Hambra. Atas segala jerih payah yang telah dilakukan untuk menyiapkan anak-anak tampil dengan waktu yang cukup singkat. Semoga Allah SWT membalas segala jasa bapak/ibu guru dan semua pihak yang terlibat dengan pahala yang berlipat ganda, dan semoga kegiatan ini menjadi pengalaman belajar yang sangat berharga untuk para siswa-siswi. Sampai bertemu lagi di Puncak Tema tahun depan, in syaa Allah. [@Hasan]