Terungkap! Inilah 5 Kolaborasi dan Apresiasi Untuk Penguatan Karakter

Kemendikbud (01/2023)-Diskusi Kolaborasi dan Apresiasi untuk Penguatan Karakter diselenggarakan melalui kanal youtube kemendikbud pada Kamis (12/01/2023).

Sejak tahun 2020 Kemendikbudristek melalui Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) menyelenggarakan rangkaian Pekan untuk Sahabat Karakter (Pusaka). Kegiatan ini merupakan ajang apresiasi untuk seluruh pegiat penguatan karakter. Selama tiga tahun penyelenggaraan Pusaka, beragam kampanye dan upaya dilakukan untuk mengentaskan tiga dosa besar pendidikan dan penguatan karakter anak bangsa.

"Kegiatan Pusaka merupakan acara yang dipersembahkan oleh kemendikbudristek untuk menunjukan adanya pas atau penampilan atau kinerja, apresiasi dan juga selebrasi dari apa yang sudah dilakukan secara kolaboratif selama 1 tahun berjalan," demikian keterangan yang disampaikan oleh Nadia Faradina selaku host acara tersebut.

Tahun 2022 puncak apresiasi cerdas berkarakter 2022 memberikan apresiasi kepada 5 kategori yang pertama apresiasi dinas pendidikan cerdas berkarakter 2022, yang kedua apresiasi instansi inspiratif cerdas berkarakter anti perundungan 2022, yang ketiga apresiasi instansi inspiratif cerdas berkarakter anti kekerasan seksual 2022, yang keempat mitra penguatan karakter kebijakan profil Pelajar pancasila jenjang jenjang PAUD 2022 dan yang kelima apresiasi sosok inspiratif cerdas berkarakter 2022.

Pembahasan lebih dalam mengenai puncak kolaborasi dan  apresiasi penguatan karakter 2022 dihadiri beberapa narasumber dibidang pendidikan karakter, yaitu Puspita Putri Utami (kepala pusat penguatan karakter kemendikbudristek), Adiatman(penerima apresiasi sosok inspiratif cerdas berkarakter, Kalimantan Utara),Tiny E.E Kalempouw (penerima apresiasi kategori instansi inspirasi cerdas berkarakter anti perundungan, SMUN 8 Manado), Theresia Indrasanti (penerima apresiasi kategori instansi inspiratif cerdas berkarakter anti kekerasan seksual, Unika Indonesia Atmaja Jakarta).

Dalam diskusi tersebut para pembicara dan penerima apresiasi tersebut akan menceritakan pengalamannya dalam impelementasinya pada Pekan untuk Sahabat Karakter (Pusaka). tertarik dan penasaran?, bagi yang belum sempat menyaksikan silakan KLIK langsung acaranya, walaupun acara tersebut diselenggarakan pada Kamis (12/01/2022), namun perlu kita saksikan sebagai bentuk motivasi menciptakan sekolah berkarakter di lembaga masing-masing. [Jrw]