Wujudkan Pramuka Tangguh dan Kreatif SDIT Gema Nurani Adakan Supercamp 2022

Bekasi (31/10)-Peserta Supercamp 2022 SDIT Gema Nurani mulai bertolak menuju Bumi Perkemahan Citra Alam Riverside Bogor untuk melaksanakan program Supercamp 2022.

Kegiatan Supercamp tahun ini diikuti oleh 197 peserta yang keseluruhannya merupakan siswa kelas 4 dan 5 SDIT Gema Nurani.

Keberangkatan peserta dan pelaksanaan Supercamp diikuti oleh 18 regu; 9 regu akhwat, 9 regu ikhwan, 14 kakak pendamping, kepsek dan 2 OB. Pemberangkatan menggunakan 10 mobil tronton dan setiap tronton terdiri dari 2 regu dan mobil barang. Acara ini berlangsung tanggal 31 Oktober - 1 November 2022.

Supercamp merupakan salah satu program kepramukaan SDIT Gema Nurani yang bertujuan  untuk 1). Menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang tinggi kepada siswa, 2). Meningkatkan jiwa kemandirian, 3). Meningkatkan ketakwaan dalam beribadah, 4). Mewujudkan jiwa yang tangguh, 5). Meningkatkan kreatifitas dalam segala hal.

Program Supercamp ini sangat dinanti-nanti oleh para siswa karena baru muncul kembali setelah vakum selama pandemi. Keseruan berkelompok dan berbaur dengan alam yang mereka nanti. Tak kenal lelah dan letih mereka mengisi buku SKU melalui pos-pos yang telah ditentukan dan mereka tetap semangat mengikuti kegiatan yang disediakan oleh panitia Supercamp. Tak hanya diuji materi kepramukaan, peserta juga dilatih bagaimana cara memimpin sebuah tim, bagaimana cara menerapkan kerjasama, bagaimana cara menerapkan rukun, dan bagaimana cara menerapkan kompak melalui sebuah permainan.

“Karakter mandiri, tangguh, takwa dan kreatif sangat dibutuhkan oleh generasi muda saat ini. Maka dari itu melalui program ini, SDIT Gema Nurani ingin mencetak, mendidik dan melatih siswa  untuk memiliki prinsip dan karakter tersebut untuk membentuk anggota pramuka penggalang yang sesuai dengan Trisatya dan Dasa Dharma dan nanti akan ada uji SKU oleh kakak-kakak pendamping” jelas Yanti selaku Kepala Sekolah saat apel pembukaan.

Sugiyati selaku ketua panitia Super Camp 2022 menambahkan, “Acara Supercamp ini sangat penting bagi siswa-siswi SDIT Gema Nurani salah satunya untuk melatih kemandirian dan tanggung jawab terhadap diri sendiri maupun kelompok.” tukasnya

Waktu dan suasana mendukung, alhamdulillah terlaksana acara malam api unggun, para siswa begitu antusias dan gembira mengikuti acara api unggun ini dan dilakukan prosesi penyalaan api unggun oleh siswa yang bertugas.

Diakhir kegiatan, peserta diajak untuk _fun games_ mengelilingi area Bumi Perkemahan Citra Alam Riberside Bogor dengan rute dekat dan mudah.  Menghampiri masing-masing pos untuk melatih ketangkasan dan skill dengan permainan kelompok. 

“Kegiatan Supercamp sangat asik dan seru banget, harusnya jangan cuma dua hari satu malam ya ms. Setelah mengikuti Supercamp saya lebih mengerti apa arti sebuah kerukunan, kekompakan, kerjasama dengan sesama dan lebih tau bagaimana jiwa seorang pemimpin dalam sebuah tim. Ketika ke pos pengisian SKU dan pos fun games, kerukunan, kekompakan, kerjasama, dan memimpin sangat dibutuhkan dan yang jelas sangat asik dan seru.” terang Fabio salah satu peserta Supercamp 2022.

Semoga kegiatan yang positif ini dapat terus terlaksana setiap tahunnya. Karena sangat banyak manfaat yang bisa didapat sekaligus dalam satu kegiatan ini. Juga dapat membentuk anggota pramuka yang diharapkan. [@yulip]