Terima Kunjungan Pejabat Pendidikan Islam Selangor Malaysia, PMT Ibnu Rusyd Siap Kerjasama Pertukaran Pelajar

Mustikajaya (22/10/22)-Pondok Modern Teknik Ibnu Rusyd terima kunjungan pejabat penting dari Bahagian Pendidikan Islam Selangor (JAIS) Malaysia (kementerian agama bidang pendidikan Selangor Malaysia). Kunjungan pejabat tersebut diterima langsung oleh sejumlah pimpinan PMT Ibnu Rusyd diantaranya adalah Gus Arifin (Pimpinan PMT Ibnu Rusyd), Ust. Abdul Kholid (ka. Kepesantrenan), Ust. Irfan Hilmi (KS SMK Ibnu Rusyd) dan sejumlah asatiz lainya.

Kedatangan pejabat Pendidikan Islam  Selangor tersebut atas rekomendasi ketua JSIT Kota Bekasi yaitu Muhammad Iqbal. Menurutnya, yang menjadi alasan tepat PMT Ibnu Rusyd menerima kunjungan kehormatan tersebut dari Bahagian Pendidikan Islam (JAIS) Selangor  tersebut karena Ibnu Rusyd adalah pesantren satu-satunya di kota Bekasi yang memiliki keunikan dibidang kejuruan. Pejabat Selangor dapat melihat langsung program kepesantrenan dibidang kejuruan dan pendidikan sehingga akan menghasilkan hasil studi banding yang dapat dibawa ke negeri Jiran Malaysia.

"Sengaja kami memilihkan PMT Ibnu Rusyd menjadi tujuan utama kunjungan pejabat Bahagian Pendidikan Islam (JAIS) Selangor, karena saya ingin memperkenalkan keunikan yang dimiliki oleh PMT Ibnu Rusyd. Pesantren yang memadukan pendidikan keterampilan, kejuruan dengan keilmuan agama Islam. Dengan demikian semoga menjadi oleh-oleh studi banding yang bisa dibawa pulang ke negeri Jiran Malaysia,' ujar Ikbal (ketua JSIT kota Bekasi)

Kunjungan pejabat JAIS  Selangor yang diwakili oleh 7 orang  membahas beberapa program penting diantaranya adalah program pengelolaan pondok pesantren berbasis kejuruan, konsep pendidikan sekolah berbasis kejuruan, pertukaran pelajar antara PMT Ibnu Rusyd dengan pelajar di bawah naungan JAIS Selangor.

Dalam kunjungan JAIS Selangor Malaysia, Gus Arifin mengucapkan terimakasih atas kepercayaannya kepada PMT Ibnu Rusyd.

 “Kunjungan ini merupakan kunjungan penting dan memberi kenangan tersendiri untuk PMT Ibnu Rusyd. Dalam pertemuan penting ini, kami banyak membahas potensi pertukaran santri dengan para pelajar di Malaysia, ada beberapa pertanyaan juga yang cukup penting dalam pertemuan ini tentang PMT Ibnu Rusyd, diantaranya Apakah PMT Ibnu Rusyd mendikotomi agama dan Pendidikan? Kami menjawab PMT Ibnu Rusyd tidak pernah mendikotomi Pendidikan dan pelajaran Agama” ujar Gus Arifin

Dalam kunjungannya yang berlangsung selama 4 jam,  kepala SMK Ibnu Rusyd mengakui bahwa kunjungan JAIS Selangor Malaysia, adalah kunjungan yang berharga dan dapat dilanjutkan dengan kerjasama yang berkelanjutan.

“Kunjungan ini merupakan kunjungan yang amat berharga. Sebagai Kepala Sekolah SMKITIbnu Rusyd, kami mengharapkan adanya program kerjasama yang mampu meningkatkan kualitas para santri. Sebagaimana kita tahu, kerjasama pendidikan antar negara saat ini amat penting untuk menghadapi sengitnya persaingan industri. Masa depan negara ada di dunia Pendidikan,” ujar Irfan Hilmi (Kepala SMK Ibnu Rusyd)

Kegiatan kunjungan dan kerjasama dilanjutkan dengan melihat-lihat langsung sarana prasarana PMT Ibnu Rusyd, asrama, kegiatan santri dan foto bersama. [Jrw]