PERERAT UKHUWAH ANTAR ANGKATAN, SMPIT GEMA NURANI ADAKAN KEGIATAN SUPERCAMP

JSIT Kota Bekasi-“Setelah kegiatan Supercamp ini, tidak ada lagi, saya alumni SD ini, saya alumni SD itu. Kalian semua adalah siswa SMPIT Gema Nurani”, Ucap Fachruddin, koordinator acara kegiatan Super Camp 2022.


Bertajuk “Membina Generasi Rabbani dengan Karakter Islami”, kegiatan ini hanya diikuti oleh siswa dan siswi kelas 7 SMPIT Gema Nurani. Sebagaimana yang diketahui bahwa siswa kelas 7 ini berasal dari SD yang berbeda-beda. Sehingga kegiatan Supercamp ini menjadi sangat perlu untuk diselenggarakan. Karena di antara tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memperkuat ukhuwah di antara seluruh siswa kelas 7. 


Rabu pagi tanggal 12 Oktober 2022, siswa berkumpul di sekolah untuk memulai pemberangkatan menuju lokasi Super Camp di Bumi Perkemahan Suaka Elang Loji, Cigombong, Bogor Jawa Barat. Para peserta akan mengikuti rangkaian kegiatan Supercamp selama 2 hari 1 malam sampai hari rabu tanggal 13 Oktober 2022.

Game SC, menjadi pembuka kegiatan sesaat setelah sampai di lokasi kegiatan. Mental para peserta diuji untuk dapat membela dan mempertahankan anggota kelompoknya dengan tekanan dan tantangan dari pendamping dan panitia.


Mr Hendrik, ketua pelaksana kegiatan Supercamp meyakini bahwa kegiatan ini akan berdampak positif bagi mental, kemandirian dan kerjasama para peserta. 


”Kegiatan Supercamp ini juga berdampak langsung kepada mental siswa ketika berada di alam bebas, dari siswa yang biasa jadi anak rumahan aja sekarang dituntut harus siap mental dalam segala kondisi yang ada di lapangan atau di alam bebas”. ujar  Hendrik dalam keterangannya. 


“Alhamdulillah dari kegiatan ini siswa banyak mendapat pengalaman yang bisa mereka bawa pulang dan diceritakan kepada orang tua mereka”, lanjutnya.


Rangkaian kegiatan memang dirancang guna mencapai tujuan-tujuan dari Supercamp yang di antaranya, untuk meningkatkan kemampuan leadership setiap siswa harus siap saat ditunjuk untuk menjadi pemimpin kelompok. Untuk melatih kemandirian setiap kelompok mempersiapkan dan memasak makanan untuk kelompoknya masing-masing. Untuk mengembangkan kreativitas, setiap kelompok ditugaskan untuk membuat yel-yel dan juga merencanakan penampilan yang akan ditampilkan pada acara “malam ukhuwah”. Tak lupa game outbond yang dirancang untuk meningkatkan kerjasama dalam tiap kelompok.


Perjalanan menuju air terjun “Curug Cibadak” menjadi kegiatan terakhir sekaligus menjadi kegiatan yang paling berkesan untuk sebagian besar peserta, sebagaimana yang diungkapkan oleh Danadyaksa siswa kelas 7A “Ada 2 acara yang paling berkesan buat saya. Pertama saat Game SC dan yang kedua itu waktu ke air terjun, karena saya jarang banget lihat air terjun”, ungkapnya. [M. Nurman]