Latih Jiwa Entrepreneur, SDIT Gameel Akhlaq Adakan Market Day

Rawalumbu (28/10)-Menanamkan jiwa entrepreneur perlu dilakukan sejak dini, agar kelak anak-anak siap menghadapi dunia persaingan dibidang bisnis dan ekonomi. Tantangan masa depan bagi anak-anak adalah  perkembangan teknologi digital terutama disektor perdagangan dan bisnis, hal tersebut akan menjadi  peluang  besar bagi mereka jika diajarkan sejak masih sekolah.


SDIT Gameel Akhlaq bukan hanya mengajarkan anak-anak pada sisi kemampuan dibidang akademis, pengetahuan dan kemampuan dibidang agama. Namun SDIT Gameel Akhlaq berupaya mengajarkan kepada anak-anak pada sisi muamalah terutama dibidang jual beli dan entrepreneur.

Market day yang diadakan SDIT Gameel Akhlaq bekerjasama dengan komite, korlas dan orang tua adalah bagian dari program kesiswaan dan bentuk dari implementasi kurikulum merdeka yaitu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).


Kegiatan market day yang diadakan pada Jumat (28/10/2022) diikuti oleh siswa-siswi kelas 1 sampai kelas 3 (sebagai penjual) sedangkan siswa-siswi kelas 4 - 6, siswa-siswi kelas 7-9 (sebagai konsumen/pembeli), selain itu dewan guru SDIT-SMPIT juga berperan sebagai konsumen atau pembeli.


Beberapa aneka produk atau makanan digelar dan pajang di meja-meja, display layaknya sebuah pasar rakyat diantaranya adalah mie goreng, donat, pisang coklat, jus, spageti, alat-alat sekolah, biskuit, roti dan lain-lain.

Suksesnya acara tersebut berkat dukungan semua elemen diantaranya adalah kepala sekolah, guru, komite, korlas, orang tua. Semua saling bahu membahu agar semua dagangan yang gelar laku terjual. Hal ini mengajarkan kepada siswa-siswi pentingnya bergotong-royong memutar perekonimian kepada sesama muslim.

Dalam waktu 2 jam semua produk/makanan dan minuman ludes terjual kepada seluruh siswa SDIT-SMPIT , guru bahkan beberapa TK sekitar dan masyaraat pun ikut berkerumun menghabiskan semua dagangan.

Menurut penanggung jawab yang juga  kesiswaan SDIT Gameel Akhlaq, Irwan Setiawan mengakui bahwa market day kali ini diadakan untuk siswa-siswi kelas 1 sampai kelas 3, rencana semester 2 akan bergantian untuk kelas 4 sampai kelas 6. Irwan menambahkan bahwa tujuan dari market day adalah ajang bertemuan/silaturahim antar siswa dan orang tua, pembelajaran ekonomi tentang jual beli, mendidik anak menjadi entrepreneur muslim sukses berawal dari Gameel Akhlaq serta implementasi pembelajaran P5.

"Saya berharap market day SDIT Gameel Akhlaq akan merekatkan tali silaturahim antara orang tua, melahirkan entrepreneur sukses, pembelajaran ekonomi jual beli serta mensukseskan program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)," ujar Irwan

Secara simbolis market day dibuka oleh Agung Nursidik (KS SDIT Gameel Akhlaq) dengan menggunting pita di depan gapura market day sebagai bentuk dimulainya kegiatan.

"Sehubungan anak-anak sudah tidak sabar untuk berbelanja, maka dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, market day SDIT Gameel Akhlaq pada Jumat (28/10/2020) saya nyatakan dibuka," ujar Agung dengan sambutan tepuk tangan dari dewan guru dan siswa. 

Dengan tertib seluruh siswa-siswi dan guru mulai memilih semua dagangan yang sudah disiapkan oleh para padagang (kelas 1-3), semuanya senang, gembira, suasana layaknya pasar baru Bekasi. [diposting oleh @Jrw]