Cetak Penghafal Qur'an SIT Gema Nurani Adakan Wisuda Khotmul Qur'an Metode Ilman wa Ruhan

JSIT Kota Bekasi–Wisuda Khotmul Qur’an Metode Belajar Al-Qur`an `Ilman wa Ruhan Angkatan Pertama Sekolah Islam Terpadu Gema Nurani dan Quba Islamic School (GERABA) berlangsung khidmat dan semarak, Sabtu (03/09/2022) di SIT Gema Nurani, Kaliabang Bekasi.

Selain dihadiri para orang tua siswa, para guru dan kepala Sekolah GERABA mulai dari SDIT, SMPIT, SMAIT serta Elementary and Secondary of Quba Islamic School, juga sejumlah tamu undangan perwakilan dari Ketua Badan Pengembangan Pendidikan Al-Qur'an Sekolah Islam Terpadu (BP2Q SIT) JABAR.

Kegiatan dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Quran setelah sebelumnya para wisudawan dan wisudawati yang berjumlah lima puluh delapan (58) peserta didik melakukan Kirab dari Gerbang menuju Panggung dengan diiringi Marawis SDIT Gema Nurani, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia, dan khotmil Qur’an  dengan membacakan Al-Qur`an Surat Ad-Dhuha sampai An-Nas bil Ghoib dan ditutup dengan Do`a Khotmil Qur`an yang dibacakan oleh Ananda Maulana, Siswa 2A SDIT Gema Nurani dan diaminkan oleh seluruh peserta khotmul.

Kemudian sambutan oleh Director of Islamic Affair GERABA Mr Haikal Karami, Lc, M.Pd, diawali dengan kutipan sebuah Hadis;

عَن اَبيِ هُرَيَرةَ رَضَيِ اللٌهُ عَنهُ أنَ رَسُولَ اللٌهِ صَلَيِ اللٌهٌ عَلَيهِ وَسَلَم قَالَ مَا اجٌتَمَعَ قَومُ فيِ بَيتٍ مِن بُيُوتِ اللٌهِ يَتلُونَ كتَابَ اللٌهِ وَيَتَدَا رَسُونَه فِيمَا بَيْنَهُم إلا نَزَلتْ عليْهمُ السَكِينَةُ وَغَشِيتهُمُ الرَّحمةُ وَحَفَتهمُ الملآئكةُ وَذَكَرَهُمُ اللٌهُ فِيمَن عِندَهُ. (رواه مسلم وابو داوود)

Dari Abu Hurairah RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah dari rumah-rumah Allah, mereka membaca kitab Allah dan saling mengajarkannya di antara mereka, melainkan diturunkan ke atas mereka sakinah, rahmat menyirami mereka, para malaikat mengerumuni mereka, dan Allah SWT menyebut-nyebut mereka di kalangan (malaikat) yang ada di sisinya.” (HR Muslim dan Abu Dawud).

Beliau menjelaskan maksud dari hadis tersebut secara luas dan penuh semangat, keutamaan-keutamaan yang diperoleh bagi orang yang membaca dan mempelajari Al-Qur`an. “Ada beberapa pesan yang ingin saya sampaikan disini. 

Pertama, pesan untuk ananda yang telah diwisuda hari ini. Hal pertama yang harus kalian ingat adalah Ikhlasun Niyyah atau ikhlaskan niat kalian karena Allah swt dan istiqomah, yaitu dengan cara pahami keistimewaan para penghafal Al-Qur`an, manajemen waktu yang baik, pahami gaya belajar/menghafal masing-masing dan jangan lupa untuk berdoa kepada Allah untuk dimudahkan dalam menghafal.

Kedua, pesan untuk ayah dan bunda, jaga semangat Ananda untuk terus mempelajari, memahami dan menghafal Al-Qur`an dan berikan fasilitas, sarana yang membangun motivasi Ananda, serta panjatkan doa-doa terbaik untuk Ananda.

Terakhir, Selamat kepada ananda atas pencapaiannya saat ini, mudah-mudahan istiqomah. Selamat kepada ayah, bunda dan rekan-rekan guru semuanya.”    

Ketua BP2Q Jabar Ust. Wardiana menyampaikan pesan dari  Ustadzah Anis Khaerunisa,S.Sos.I Ketua BP2Q Pusat : “Alhamdulillah, Gema Nurani merupakan salah satu dari 45 sekolah pertama se-Indonesia yang langsung menyambut kehadiran Metode Belajar Al-Quran `Ilman Wa Ruhan dimana hari ini telah melaksanakan wisuda setelah dilakukan Imtihan pada bulan Juni lalu” dan program peningkatan ruhiyah guru dan hasil dari belajar siswa sesungguhnya bukan hanya lancar saja tetapi mampu menjadikan siswa memiliki karakter ‘santun”.ucapnya saat memberikan sambutan.  Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Lulus Imtihan kepada para wisudawan/wati.

Para tamu undangan menyimak dengan seksama. Selanjutnya, para wisudawan/wati menampilkan bacaan tajwid dan gharib dimana setiap ayat yang dibaca, mereka menguraikan hukum bacaan yang terdapat dalam ayat tersebut serta disebutkan lengkap dengan nomor surah, surah dan ayatnya.

Kegiatan langsung dilanjutkan dengan Simulasi imtihan setelah prosesi khataman selesai. Simulasi Imtihan adalah uji publik. Para orang tua dan tamu undangan diberikan kesempatan untuk mengetes mereka terkait materi Tajwid Al Qur’an secara acak.

“Alhamdulillah, berkat latihan dan persiapan yang matang dengan bimbingan dari para ustadz dan ustadzah serta kerjasama yang baik dari panitia dan juga orang tua, para siswa dan siswi berhasil melalui tahapan dengan baik,” ucap Ms Skriptin, Ketua QGDP Pusat GERABA.

Sementara itu seluruh hadirin terharu bahagia dan kagum dengan kemampuan para peserta dalam menguasai materi-materi Al Qur'an di usia mereka yang masih belia dan remaja.

Acara yang diakhiri dengan sesi wisuda dan sungkeman terasa khidmat dan mengharukan. Tidak sedikit dari para orang tua dan siswa/i yang meneteskan air mata tanda bahagia. 

Selamat untuk peserta yang telah menyelesaikan Metode Belajar Al-Qur`an `Ilman wa Ruhan, Semoga kelulusan ini menjadi langkah pertama sebagai memotivasi untuk meningkatkan kemampuan diri dalam membaca, memahami dan menghafal Al-Quran.  [@Rifai]