Audensi Dengan Rektor Unisma Bekasi, JSIT kota Bekasi Adakan Kerjasama Penting, Ini Hasilnya

Bekasi Timur (26/10)-Sejumlah pengurus Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) kota Bekasi yang diwakili oleh Suparto, M.Pd (Sekretaris JSIT KoBek), Agung Nursidik, M.Pd (Bidang Humas JSIT KoBek), dan Noor Azizah, M.Pd (Pembina JSIT KoBek) adakan audensi dengan rektor Universitas Islam 45 (Unisma) Bekasi. 

Sebagaimana hasil Musda ke V pada Juni lalu, bahwa JSIT kota Bekasi siap bersinergii dan berkolaborasi dengan semua elemen dan lembaga yang ada di kota Bekasi, maka audensi kepada rektor Unisma Bekasi adalah bagian dari program tersebut.

Dr. Hermanto, S.Pd,M.Pd, MM (Rektor Unisma Bekasi), ditemani oleh direktur pendidikan pascasarjana Dr. Aos Kuswandi, M.Si menyambut kedatangan utusan JSIT kota Bekasi. Dari pertemuan tersebut membahas sejumlah program dan agenda besar untuk kemajuan dan pengembangan dibidang pendidikan.

Hermanto mengaku sangat senang dengan kedatangan pengurus JSIT kota Bekasi yang mana ketiganya merupakan alumni pascasarjana Unisma Bekasi. Pertemuan tersebut, menurutnya wujud silaturahim antara orang tua dan anaknya yang sudah lama tidak bertemu, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kerjasama untuk kebaikan pendidikan di kota Bekasi.

"Saya ucapkan terima kasih atas kedatangan temen-temen ke kampus tercinta ini, terus terang saya sangat senang temen-temen terus aktif dan mengabdi pada dunia pendidikan terutama di JSIT kota Bekasi. Unisma Bekasi sangat terbuka dan siap bekerjasama dengan JSIT kota Bekasi terutama dalam peningkatkan kompetensi dan sumberdaya manusia," ujar Hermanto dalam pembukaan audensi (Rabu, 26/10/2022)

Beberapa tahun sebelumnya, dikepengurusan periode 2018-2022 JSIT kota Bekasi sudah beberapa kali mengadakan kerjasama dengan sekolah pascasarjana Unisma Bekasi diantaranya adalah program seminar dan workshop. Maka dari itu audensi yang diadakan pada Rabu (26/10/2022) merupakan pengauatan dan kelanjutan kerjasama yang sudah terjalin selama ini.

"Kedatangan kami pengurus JSIT kota Bekasi, selain menjalin silaturahim adalah menindak lanjuti beberapa pertemuan sebelumnya, yaitu kerjasama dalam bidang peningkatan sumberdaya manusia, sinergi dan kolaborasi dibidang pendidikan dan pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan yang ada di Unisma Bekasi," ujar Agung (Humas JSIT kota Bekasi)

JSIT kota Bekasi yang saat ini membawahi lebih dari 65 anggota SIT yang di dalamnya ada guru dan kepala sekolah perlu difasilitasi dalam peningkatan kompetensi dan sumberdaya manusia. Peningkatan kompetensi dan sumberdaya manusia tersebut mengerucut pada program kulian jenjang S1 dan S2 untuk guru dan kepala sekolah.

"Kami membawahi lebih dari 65 SIT di kota Bekasi dan akan terus bertambah, di dalamnya ada guru dan kepala sekolah, diantara mereka banyak yang menginginkan adanya peningkatan kompetensi melalui perkuliahan kelas khusus yaitu kelas JSIT kota Bekasi, saya rasa Unisma Bekasi sebagai kampus  yang berkualitas, terdekat dan strategis  menjadi solusi dari harapan mereka," pungkas Suparto (sekretaris JSIT kota Bekasi)

"Unisma adalah rumah dan keluarga kami, dimana dulu kami belajar dan menuntut ilmu disini. Maka sudah sepantasnya kami turut serta membesarkan Unisma dengan berbagai bentuk kerjasama. Dan saya rasa kerjasama antara JSIT kota Bekasi dan Unisma Bekasi sangat strategis dengan program sinergi dan kolaborasi di bidang pendidikan," ujar Azizah (pembina JSIT kota Bekasi)

Selanjutnya dari pihak direktur pascasarjana Unisma Bekasi yang diwakili oleh Aos Kuswandi, menyambut baik kerjasama tersebut, apalagi JSIT kota Bekasi sudah sejak lama menjalin kerjasama dengan sekolah pascasarjana, tentu akan semakin baik jika kerjasama ini dilanjutkan kembali oleh pengurus berikutnya.

"Saya menyambut baik kerjasama ini, untuk mengadakan kerjasama perkuliahan bagi para guru dan kepala sekolah dengan kelas khusus. Selanjutnya kita akan siapkan MoU kerjasama biar ada keterikatan yang kuat antara JSIT kota Bekasi dan Unisma. Kerjasama tersebut bisa diperluas dengan kerjasama kolaborasi dalam pengisian materi oleh dosen Unisma, penggunaan sarapa dan prasarana Unisma dan lain-lain," ujar Aos (direktur pendidikan Pascasarnaja)

Dari hasil pertemuan tersebut rencana pengurus dan pascasarjana Unisma Bekasi akan mengadakan pertemuan lanjutan guna pembuatan nota kesepakatan kerjasama (MoU) dan MoA. Mengawali kerjasama tersebut, rencana JSIT kota Bekasi akan mengadakan seminar pendidikan bekerjasama dengan pascasarjana Unisma Bekasi pada Rabu, 30 November mendatang.

Pertemuan yang diadakan di ruang rektoriat ditutup dengan nasihat dan foto bersama. Setidaknya ada beberapa nasihat yang diberikat oleh Dr. Hermanto dan Dr. Aos Kuswandi kepada pengurus JSIT diantaranya adalah :

  1. JSIT kota Bekasi harus membangun komitmen
  2. JSIT kota Bekasii harus menjadi pendengar harapan dan cita-cita anggotanya
  3. Jangan jauhi media, karena media adalah mitra kita semua
  4. Keberadaan JSIT harus bisa dirasakan oleh anggota
  5. Membuat Jurnal JSIT, sehingga JSIT memiliki penelitian ilmiah dibidang pendidikan, jurnal tersebut dapat diposting di jurnal Unisma Bekasi 
[di posting oleh @Jrw]