Ajarkan Syukur dan Mencintai Alam, SDIT Al-Hambra Adakan Field Trip

Lembang Bandung (2/10/22) Pada hari Selasa, 11 Oktober 2022 kemarin, SDIT Al-Hambra Bekasi Selatan mengadakan kegiatan Field Trip dengan tujuan Grafika Cikole Lembang Bandung. Field Trip adalah salah satu kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu oleh para murid. Field Trip kali ini bertemakan ”Cinta alam dan lingkungan”. Kegiatan Belajar Mengajar yang menyenangkan tidak melulu harus berada di dalam kelas, namun dapat dilakukan di ruang terbuka, agar anak-anak mendapatkan suasana baru dan pengalaman yang berkesan, seperti  kegiatan field trip yang dilakukan SD Islam Terpadu Al-Hambra tahun ini, yang diikuti oleh murid kelas 1 - 6.

Rombongan berangkat dari Bekasi pukul 06.00 WIB sampai di tempat tujuan  pukul 10.00 WIB. Saat sampai di tempat tujuan, tim dari Taman Wisata Grafika Cikole menyambut kami dengan senang hati, dan kami langsung diantar ketempat kegiatan dengan disuguhi minuman hangat, yang kebetulan cuaca saat itu disana terasa dingin serta mendung sehingga membuat badan terasa hangat dan segar setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Di kawasan wisata alam ini, para murid  diajak melakukan kegiatan having seperti  flying fox, mengikuti games kelompok dan lain-lain. Kegiatan tersebut,  selain dapat melatih motorik dan kerjasama, murid juga merasakan keseruan berinteraksi dengan alam, seperti menghirup udara segar, melihat pepohonan rimbun,  yang sangat jarang ditemukan di Kota Bekasi, sehingga semakin menambah rasa syukur kepada Allah Swt.

Refleksi belajar atau Field Trip merupakan kunjungan wisata yang dapat menambah  pengetahuan murid melalui pembelajaran diluar kelas dengan mendatangi beberapa destinasi yang telah ditentukan.

Walaupun ditengah-tengah pelaksanaan kegiatan Field Trip hujan turun, namun tidak mengurangi antusias dan semangat anak-anak untuk tetap mengikuti kegiatan tersebut. Namun demi alasan kesehatan dan keselamatan karena hujan tersebut, setelah berkoordinasi dengan Panitia dan Tim dari Grafika Cikole, sebelum selesai semua kegiatan field trip, akhirnya ibu Kepala Sekolah, ibu Elawati dengan terpaksa harus menghentikan kegiatan tersebut.

Walaupun demikian, Kegiatan Refleksi belajar atau Field Trip kali ini sangat berkesan di hati Bapak/Ibu guru, staff dan karyawan, terutama sekali bagi anak-anak hebat nan tangguh dari kelas 1-6 Sekolah Dasar Islam TerpaduAl-Hambra Kota Bekasi karena hampir dua tahun selama wabah covid 19 yang lalu kegiatan field trip seperti ini tidak bisa dilaksanakan.

Semoga dari kegiatan field trip ini banyak pengalaman yang berharga yang didapat oleh siswa/siswa SDIT Al-Hambra Kota Bekasi serta bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. [@Hasan]