Si MOlek dari SDIT Darul Maza

Karya KS-Sejak Maret 2019, Indonesia dilanda pandemi virus corona atau covid-19. Penyakit menular ini tidak hanya memberi dampak buruk terhadap ekonomi negara tetapi dunia pendidikan ikut serta mendapatkan imbasnya. Dampak buruk covid-19 terhadap dunia pendidikan yaitu siswa-siswi yang belajar dari rumah, berkurangnya literasi, dan berkurangnya daya tampung kreativitas siswa-siswi. Namun, pandemi ini tidak hanya memberikan sisi buruk bagi pendidikan, tetapi terdapat sisi positif. Dampak positif dari pandemi terhadap dunia pendidikan yaitu tumbuhnya kreativitas dan inovasi guru-guru dalam mengatasi dampak negatif covid-19.  

Inovasi guru-guru dalam menyelesaikan permasalahan dampak negatif pandemi yaitu membuat pembelajaran melalui video menarik. Melalui pembelajaran yang menarik, siswa-siswi tidak merasa bosan dalam belajar di rumah. Sekolah Islam Terpadu Darul Maza merupakan sekolah yang menerapkan inovasi dalam menuntaskan dampak negatif covid-19 pada dunia pendidikan. Selain pembuatan video pembelajaran yang menarik, SDIT Darul Maza juga berinovasi dalam membuat daya tampung bagi siswa-siswi dalam berkreativitas. Si MOlek adalah salah satu inovasi yang dibuat oleh Kepala Sekolah Darul Maza Rince Wiki Utami, S.Th I, M.Pd. Inovasi Sistem Mading Online Keren (Si MOlek) dibuat dalam bentuk google form yang dapat diakses oleh guru, siswa dan orang tua. Si MOlek merupakan wadah di mana hasil karya kreativitas siswa, karya literasi, kegiatan bersama orang tua dan story telling. 

Tujuan pembuatan Si MOlek adalah menumbuhkan budaya literasi dan wadah komunikasi antara siswa, guru dan orang tua pada masa pandemi. Si MOlek tidak hanya memberikan manfaat wadah kreativitas siswa. Tetapi guru diberikan kesempatan dalam guru berkreasi dalam membuat tampilan Si MOlek secara menarik. Tujuan secara umum Si MOlek adalah membuat anak-anak yang belajar melalui handphone tidak ketagihan bermain game tetapi mengakses Si MOlek.

Si MOlek dibentuk tidak hanya untuk diakses siswa, guru, dan orang tua di SDIT Darul Maza. Namun, Si MOlek dapat diakses oleh siapa pun guna menjadi ladang atau wadah memperluas budaya literasi. Penggunaan Si MOlek sangat mudah, dikarenakan hanya membutuhkan email untuk mengaksesnya. Inovasi Si MOlek diharapkan dapat mencerdaskan bangsa. 


“Budaya malas membaca adalah kekuatan yang melemahkan bangsa dan negeri ini dari segala aspek ekonomi, sosial dan budaya” (Soesila Toer)

Berikut adalah link Si MOlek yang terdapat di sekolah SDIT Darul Maza, silakan bisa diklik sesuai dengan pilihan kelas :  

1A AL FIIL  1B AN NAHL   1C AN NAML  2A. ASY SYAM  2B. AL QOMAR  2C AN NAJM  3A AL MA'ARIJ  3B AL A'RAF  3C AL A'LA  4A AN NUR  4B AR-RAHMAN  4C AL FURQON  5A LUQMAN  5B YUSUF  5C YUNUS  6A AL ASR  6B AD-DHUHA  6C AL FAJR

Berdasarkan keterangan kepala SDIT darul Maza bahwa Si MOlek saat ini sudah menjadi inovasi dinas pendidikan kota Bekasi dan ikut serta dalam lomba Organisasi Perangkat Daerah (OPD). [Nadh]