Seragamkan Irama Murottal, Husnayain Adakan Maqomat Training Untuk Para Guru

Bekasi Barat (5/9)- Sekolah Islam Terpadu Al Husnayain menyelenggarakan Maqomat Training untuk seluruh guru pada Senin (5/9/2022) dalam rangka menyeragamkan irama bacaan Al Quran khas Husnayain.

Ketua Lajnah Quran Husnayain, Mahmudin menjelaskan, Maqomat training yang diselenggarakan bertujuan untuk memperindah irama Quran para guru baik yang bertugas mengajar Al Quran dan yang tidak mengajarkan Al Quran.

“ Selain program tahsin  dan setoran hafalan guru, kami menambahkan program maqomat training agar para guru terbiasa dengan irama murottal khas Husnayain. Sehingga bisa diajarkan juga kepada para siswa. Bagi yang tidak mengajar Quran bisa dipraktekkan untuk tilawahnya sehari-hari.” jelasnya.

Mahmudin menambahkan, para siswa setiap hari diperdengarkan murottal hasil rekaman para guru dengan menerapkan irama Rost dasar, agar siswa terbiasa membaca Al Quran dengan irama yang sama.

“ Irama murottal begitu banyak ragamnya. Ada Nahawand, Bayati, Jiharka dan sebagainya. Kami memilih irama Rost karena dirasa lebih mudah dan familiar untuk diikuti oleh guru dan siswa.”tambahnya.

Lanjut Mahmudin, anjuran membaca Quran dengan irama yang indah sudah dijelaskan dalam banyak hadist diantaranya yang terdapat dalam hadist riwayat Abu Daud “ Siapa yang tidak memperindah suaranya ketika membaca Al Quran, maka ia bukan dari golongan kami.”

“ Semoga dengan irama baca Quran yang indah, menjadikan syiar dakwah bil quran semakin menyebar di tengah ummat.” tutupnya