Pupuk Rasa Percaya Diri, SDIT Al Hambra Adakan Muhadharah

Jatiasih (28/09)-Muhadhoroh adalah suatu kegiatan yang bertujuan mendidik para siswa/i agar terampil dan mampu berbicara di depan semua orang untuk  menyampaikan ajaran-ajaran islam.

Muhadharah merupakan salah satu kegiatan yang cukup efektif untuk melatih keberanian dan ketrampilan siswa/siswi. Berani berbicara dan tampil di depan khalayak ramai, bahkan diawasi oleh para guru, untuk membimbing dan mengontrol jalannya muhadharah.

Siswa/i yang memiliki ketrampilan muhadharah dengan baik, maka menjadi modal awal baginya untuk terjun ke masyarakat. Apabila keberanian dan kemampuan ini dikembangkan dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan dia akan menjadi seorang orator yang hebat, yang bisa menempatkan dirinya di hadapan masyarakat pendengar yang beraneka ragam.

Dalam upaya mempersiapkan kader-kader da'i (mubaligh), bahkan ulama yang berpengetahuan luas dan bermental, serta intelektual tinggi, SDIT Al-Hambra mengadakan kegiatan Muhadharah setiap hari Jum’at dengan jadwal yang sudah ditentukan. Kegiatan ini berguna bagi siswa/i kelak, sebagai bekal dalam menghadapi kehidupan dimasa yang akan datang. Kegiatan Muhadharah di SDIT Al-Hambra ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan Jum’at Penuh Hikmah.

Muhadarah di SDIT Al-Hambra ini sangat besar sekali manfaatnya bagi siswa/i di sekolah, karena siswa/i akan terlatih untuk membaca dan menghafal materi yang akan disampaikannya saat mereka tampil, serta melatih mental atau kepercayaan diri saat tampil dihadapan orang banyak.

Pelaksanaan kegiatan Muhadharah dibagi dalam dua kelompok dalam waktu bersamaan. Kelompok pertama untuk siswa/i kelas 1 – 3, dan kelompok 2 untuk kelas 4 – 6 yang dimulai setelah shalat dhuha pukul 07.30 - 08.05 sebelum KBM dilakukan.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk seperti sebuah acara seremonial, mulai dari MC, Pembacaan Al-Qur'an, Pidato, Puisi, Keterampilan berbahasa Inggris dan Arab, Khulashah dan pembacaan doa yang digilir setiap siswa/i dengan jadwal yang telah disusun oleh bagian kesiswaan. Melalui  kegiatan ini para siswa dilatih untuk berbicara menyampaikan ceramah/pidato, menjadi MC, membaca Al-Qur’an/MTQ, puisi serta memimpin pembacaan doa di depan teman-temannya secara bergantian setiap Jumat pagi setelah pelaksanaan shalat dhuha.

"Tujuan dari muhadharah adalah, melatih dan membiasakan siswa berpidato atau berceramah, terbiasa untuk tampil berbicara di depan umum, serta melatih siswa untuk terampil berkomunikasi di depan orang banyak. Kemudian juga melatih  siswa bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan kepadanya sebagai calon da'i dan orator yang siap menjadi pemimpin dimasa depan," ujar Suyatik wakasek bidang kesiswaan SDIT Al-Hambra

Dari kegiatan ini diharapkan akan melahirkan bakat-bakat baru yang siap untuk mengikuti ajang lomba yang diadakan ditingkat kota Bekasi dan Jawa barat bahkan tingkat nasional. [@Hasan]