Perkuat Karakter Profil Pelajar Pancasila, SMPIT Darul Maza Gelar Pekan P5

Jatiasih (03/09)-Guna menguatkan karakter siswa  yang merupakan cerminan Profil Pelajar Pancasila, SMPIT Darul Maza mengadakan program Pekan Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada tanggal 21- 27 Agustus kemarin. Program ini adalah projek pembiasaan siswa yang akan rutin diadakan setiap satu bulan sekali yang di dalamnya terdapat beberapa kegiatan yang harus dilaksanakan oleh siswa berdasarkan 6 Dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila.  

Beberapa kegiatan yang harus dilaksanakan dalam satu pekan tersebut diantaranya adalah program pembiasan membaca Al-Qur’an 1 Juz sehari atau biasa kita kenal dengan One Day One Juz (ODOJ), melaksanakan puasa sunah senin-kamis, membantu orang tua di rumah, berolahraga secara teratur, berpikir kritis dengan aktif bertanya di kelas, dan yang paling menantang adalah siswa diberi penugasan untuk dapat menghasilkan uang jajan dari hasil usahanya sendiri. Program ini juga terintegrasi dengan program BPI (Bina Pribadi Islami) dimana pembina BPI ada yang memanfaatkan momentum Pekan P5 ini dengan mengadakan kegiatan buka puasa bersama kelompoknya. 


Kepala SMPIT Darul Maza, Yayat Riatna mengatakan program Pekan P5 ini adalah program pembiasaan dan penguatan karakter untuk seluruh siswa guna mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.


“ Target pogram P5 tidak hanya siswa yang melaksanakan, namun seluruh civitas SMPIT Darul Maza, para orangtua siswa di rumah juga ikut membersamai siswa menyukseskan program ini dengan berupaya melaksanakan kegiatan-kegiatan yang ditargetkan, seperti ikut melaksanakan puasa sunah senin-kamis, tilawah odoj dan lain-lain.” Ujar Yayat dalam keterangannya (Jumat/02/09/22)


Lebih lanjut Yayat mengatakan bahwa dalam melaksanakan kebaikan ini diharapkan siswa bisa termotivasi dan lebih bersemangat. Kegiatan ini terprogram dan terevaluasi, dimana siswa diberikan lembar evaluasi kegiatan yang harus diisi setiap harinya, setelah semua terisi lembar tersebut dikumpulkan kepada wali kelas. Hasilnya direkap oleh wali kelas, bagi siswa yang bisa memenuhi target dalam setiap poin-poinnya akan diberikan rewards dan didaulat sebagai “Bintang Pelajar Pancasila”.  


Dengan diadakannya program ini, orangtua sangat mengapresiasi dan mengharapkan agar terus berjalan setiap bulannya karena sangat positif bagi putra-putrinya. Orang tua sangat mendukung program tersebut dilanjutkan pada kegiatan-kegiatan ibadah dan kegiatan positif lainnya di rumah. Semoga dengan pembiasaan dalam Pekan P5 ini para siswa bisa terbiasa melaksanakan kegiatan-kegiatan di pekan-pekan selanjutnya walaupun tidak terjadwal dan terevaluasi. (YR)