Kenalkan Demokrasi SMIT Al Marjan Adakan Pemilihan Ketua OSIS

 

Jatikramat (06/08/22)-Mengenalkan demokrasi  perlu dilakukan sejak dini sebagai bentuk pembelajaran. Karena pada dasarnya demokrasi adalah sikap menentukan pilihan secara adil jujur dan amanah sesuai dengan konstitusi.

Pemilihan ketua OSIS dan wakilnya (Pilkosis) diadakan oleh SMIT Al Marjan sebagai bentuk pembelajaran secara langsung kehidupan berdemokrasi di sekolah.

Pilkosis didesain sebagaimana pemilu pada umumnya yang ada di negara tercinta Indonesia dengan berasaskan pancasila dan undang-undang dasar 1945.

Menurut Ahmad Ridho (kepala sekolah Al Marjan) pemilihan ketua OSIS di SMIT Al Marjan merupakan bagian dari implementasi P5 dalam kurikulum merdeka.

"Jadi pemilihan ketua OSIS kami desain sedemikian rupa karena bagian dari implementasi P5 kurikulum merdeka. Sejak beberapa hari sebelumnya seluruh masyarakat SMIT Al Marjan sudah dikenalkan para kandidat dan visi misinya," ujar Ahmad Ridho dalam keterangannya (Selasa,06/09/2022)

Ridho menambahkan bahwa peserta pemilihan OSIS adalah siswa-siswi kelas 7 hingga kelas 12, seluruh dewan guru dan karyawan.

Menurut beberapa peserta Pilkosis menuturkan bahwa acara tersebut menjadi ajang simulasi dan melatih demokrasi menuju pemilu 2024.

"Acaranya keren banget, saya merasakan seperti pemilu pada umumnya. Apalagi saya beberapa tahun yang akan datang sudah memiliki hak pilih sebagai warga negara Indonesia," ujar salah satu siswa kelas 12

Acara yang dihadiri lebih dari 250 orang tersebut diadakan di lapangan hijau utama SMIT Al Marjan. [A.Ridho]