Cetak Generasi Unggul yang Qur'ani, SDIT Al-Hambra Adakan Munaqosyah Tahfidz Metode Ummi

Bekasi Selatan, 29/09/2022- Munaqosyah adalah ujian akhir siswa manakala siswa telah menuntaskan pembelajaran Al Quran dengan metode ummi mulai dari jilid pembinaan 1 s.d 6 ditambah tadarus quran, gharib dan tajwid. Ujian tersebut dilakukan oleh pihak Ummi Foundation.

Pembelajaran UMMI adalah salah satu mata pelajaran yang masuk dalam struktur kurikulum terpadu SDIT Al-Hambra yang wajib diikuti oleh seluruh siswa tanpa kecuali.

Munaqosyah menjadi salah satu tahap ujian dari sekian banyak pokok bahasan yang ada dalam kurikulum Ummi. Sekolah berupaya agar semua siswa dapat mengikuti ujian tersebut.

Sama seperti Ujian Nasional, munaqosyah adalah tolak ukur keberhasilan siswa dan lembaga dalam pembelajaran Al Quran metode ummi. Tentu bagi kita sebagai muslim yang mempunyai pandangan Al quran sebagai petunjuk hidupnya dan menjadikan keberhasilan pembelajaran Al Quran sebagai salah satu parameter keberhasilan mendidik anak, maka munaqosyah akan menjadi suatu tahapan pembelajaran yang sangat dinantikan bukan hanya penting tapi sangatlah penting.

Alhamdulillah pada Hari Kamis, 29 September 2022 siswa siswi SDIT Al-Hambra telah melaksanakan Munaqosyah Tahfidz metode Ummi Juz 29 dan juz 30 yang diuji langsung oleh Tim Ummi Foundation Kota Bekasi.

Pak Ahmad Kosasih, S.Pd.I selaku penanggung jawab kegiatan Munaqosyah, menyampaikan, total jumlah peserta munaqosyah tahfidz  siswa/i SDIT Al-Hambra sebanyak 34 siswa, yang terdiri dari peserta munaqosyah tahfidz juz 30 sebanyak 24 anak dan peserta munaqosyah juz 29 sebanyak 8 anak, dengan rincian peserta munaqosyah juz 30 dari Kelas 6 : 10 anak, Kelas 5 : 12 anak, Kelas 4 : 3 anak dan Kelas 3 : 1 anak. 

"Sementara peserta munaqosyah tahfidz Juz 29 sebanyak 8 anak yang kesemuanya dari kelas 6. Semua peserta munaqosyah tahfidz baik juz 29 maupun juz 30 adalah yang telah lulus pra munaqosyah yang diadakan kurang lebih 2 pekan sebelumnya." ujar Ahmad Kosasih

Muhammad Syauqi salah satu peserta munaqosyah dari kelas 5 Al Biruni ketika ditanya mengatakan bahwa perasaannya "takut sih sebenarnya khawatir tidak lulus, tapi dengan usaha dan latihan yang maksimal saya yakin bisa lulus" ujar Syauqi

Ibu Elawati, M.Pd. selaku Kepala SDIT Al-Hambra menyampaikan harapannya kepada semua peserta saat sebelum pelaksanaan munaaosyah, semoga kegiatan Munaqosyah ini Allah berikan kelancaran dan kemudahan, serta semuanya lulus dengan nilai yang terbaik. 

"Munaqosyah akan mengukur seberapa maksmal kalian dalam mengentaskan pembelajaran metode ummi, jika kalian berusaha ibu yakin kalian akan diberikan kemudahan dan kelancaran serta lulus dengan nilai yang terbaik," ujar Elawati

Kegiatan munaqosyah tahfidz juz 29 dan juz 30 di SDIT Al-Hambra yang dimulai pukul 08.00 - 11.00 WIB berjalan dengan baik dan lancar dengan harapan akan mencetak para penghafal Al-Qur'an di SDIT Al-Hambra. [@Hasan]