Bersama Komunitas Literasi, SMPIT Gema Nurani Launching Buku Karya Siswa dan Guru

Medansatria (16/9)- Ibarat pepatah mengatakan harimau mati meninggalkan belangnya, gajah mati meninggalkan gadingnya. Kelak jika kita sudah tiada apa yang akan kita tinggalkan selain amal perbuatan, paling tidak ada karya yang bisa ditinggalkan dan bermanfaat untuk semua orang.

Buku adalah salah satu karya seseorang yang dapat bermanfaat bagi orang lain.

Alhamdulillah, baru-baru ini telah terbit buku antologi cerpen karya siswa/i dan guru SMPIT Gema Nurani yang berjudul "Magic Museum". Buku ini memuat 70 lebih judul cerpen terpilih, hasil dari kegiatan workshop menulis SMPIT Gema Nurani. 

Karya buku tersebut adalah hasil workshop menulis yang dipandu langsung oleh kak Lala Elmira founder komunitas  @onedaytowrite, komunitas literasi yang merupakan wadah bagi para penulis fiksi, penerjemah dan copywriter yang butuh menyalurkan karya. Siswa/i didampingi untuk membuat karya sastra berupa cerita, yang kemudian dibimbing untuk menghasilkan karya yang layak dibukukan.

Menulis buku merupakan sebuah upaya untuk mengembangkan potensi literasi di lingkungan sekolah, sehingga akan terbangun generasi muda yang literat.

Kegiatan ini mendapat dukungan yang sangat besar dari Kepala Sekolah SMPIT Gema Nurani, karena dapat menjadi ajang untuk mengembangkan minat dan bakat siswa/i, khususnya dalam menulis.

Miss. Nuis, adalah satu guru yang juga seorang penulis, dengan bangga mengungkapkan menulis dapat membantu menuangkan inspirasi dan imajinasi yang selama ini ada dibenak, kemudian menuangkannya dalam bentuk tulisan.

"Kegiatan workshop menulis sangat membantu dan sangat memfasilitasi guru serta siswa dalam menuangkan imajinasi dan aspirasi dalam bentuk tulisan berupa cerpen ataupun novel, yang hasilnya menjadi buku." ujar  Nuis dalam keterangannya (Jumat/16/08/22)

"Workshop menulis ini harus diagendakan dengan rutin dan terjadwal agar siswa dan guru semakin produktif dalam kegiatan menulis." lanjutnya

Hal senada juga disampaikan oleh ananda Najla kelas 8B, "workshop menulis ini sangat seru dan bermanfaat. Kita mendapatkan bimbingan cara menulis cerita yang baik dan benar. Saya juga mendapatkan pengalaman menulis cerpen yang sangat berkesan.Semoga kegiatan ini diadakan lagi di sekolah. " pungkasnya

Buku berjudul 'Magic Museum' karya siswa dan guru sudah di launching dan dicetak beberapa waktu lalu sehingga bisa segera dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. [@M. Nurman]