Belajar Tugas dan Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat, SMPIT AJI Adakan Kunjungan ke DPR RI

Jakarta-(12/09/2022). Jam 09:00 WIB seluruh siswa/i dan para guru tiba di tujuan, yaitu Gedung DPR RI yang berlokasi di Jl. Jendral Gatot Subroto Jakarta 10270. Dengan pemeriksaan yang ketat, rombongan memasuki pintu utama dan diajak oleh kakak - kakak pamong menuju ruang sidang yang sudah disiapkan.  Dipandu oleh Ka Rio, Ka Indah, dan Ka Oli yang menjelaskan mekanisme kerja anggota DPR RI. 

Dengan penyampaian yang santai dan bahasa yang ringan, mereka menjelaskan perihal 9 hal yang perlu diketahui tentang DPR RI. Sesi pemberian materi diakhiri dengan saling bertukaran cinderamata antara pihak Humas DPR RI dengan SMPIT AJI.

Setelah diberikan penjelasan tentang mekanisme kerja DPR RI tibalah sesi Tour Building. Pada sesi tersebut, rombongan diajak oleh kakak – kakak pamong menuju museum DPR RI untuk mengetahui sejarah berdirinya Gedung DPR RI, foto para ketua dan anggota dewan, hal-hal yang dilakukan para dewan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab anggota dewan. 

Selanjutnya, oleh kakak-kakak pamong diajak ke ruang sidang paripurna (Gedung Bundar – Red). Dengan takjub rombongan masuk ke dalam ruang sidang paripurna yang begitu megah dengan dominan ornamen kayu jati yang berwarna coklat gelap. Selain untuk sidang paripurna, ruangan tersebut juga digunakan untuk sidang istimewa dan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

Ka Oli selaku penanggung jawab humas DPR RI senang atas kunjungan siswa/i dan guru-guru SMPIT Al Azhar Jaya Indonesia.

“Kami sangat senang atas kunjungan adik – adik dan Bapak dan Ibu guru SMPIT Al Azhar Jaya Indonesia. Kami berharap dengan kunjungan studi ini, masyarakat memahami tugas dan tanggung jawab para wakilnya di DPR RI yang selama ini hanya melihat di TV saja," ujar kak Oli

Senada dengan Ka Oli, “Dengan kunjungan ke DPR RI ini, siswa/i diharapkan mendapat pengetahuan secara langsung perihal fungsi dan tanggung jawab para anggota dewan yang selaa ini mereka hanya mengetahui melalui media dan buku pelajaran saja” tutur Noor Azizah (kepala SMPIT Al Azhar Jaya Indonesi).

Kunjungan diakhiri dengan foto bersama di tangga depan gedung bundar dan solat dzuhur berjamaah di masjid komplek DPR RI. [STI]