Siapa Bilang Matematika Itu Membosankan!

Tahukah Anda bahwa permainan matematika sudah dikenal oleh ahli matematika Arab abad pertengahan? Mereka konon telah mengetahui permainan kubus ajaib sejak abad ke-7, tepatnya setelah mereka melakukan kontak dengan kebudayaan India atau Asia Selatan. Para ilmuwan muslim tersebut kemudian mempelajari matematika dan ilmu astronomi India, termasuk di dalamnya bagian-bagian lain dari ilmu matematika terpadu.


Ada juga teori yang menyebutkan bahwa permainan matematika datang melalui Cina. Kubus ajaib pertama dengan susunan 5 atau 6 kubus kecil telah ditulis dalam sebuah ensiklopedi berjudul Rasa’il Ikhwan ash-Shafa atau Ensiklopedia Paderi Kemurnian dari Baghdad yang ditulis sekitar tahun 983 Masehi. Tipe khusus ajaib yang lebih sederhana juga telah diketahui oleh beberapa ahli matematika Islam awal.


Seorang ahli matematika dari Arab bernama Ahmad al-Biruni konon pernah membuat kubus-kubus ajaib untuk tujuan-tujuan berbau magis pada sekitar tahun 1200-an. Sayangnya, belum ditemukan bukti atau rujukan  yang dapat digambarkan untuk menguak lebih jelas mengenai kubus-kubus ‘ajaib’ tersebut. 


Terdapat pula resferensi-referensi yang menunjukan penggunaan kubus ajaib dalam perhitungan astrologi, sebuah praktik uang konon memang berasal dari Arab kuno. [dikutip dari buku “Sumbangan-Sumbangan karya Sains Super Dahsyat Islam Abad Pertengahan” : Karya Diyan Yulianto & MS. Rohman]