Pengertian Sedekah Menurut KBBI

 

Sedekah menurut KBBI memiliki arti pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau seseorang yang berhak untuk menerimanya..
Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda bahwa “Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya (pada hari kiamat) hingga diputuskan di antara manusia atau ia berkata: “Ditetapkan hukuman di antara manusia.” Yazid berkata: “Abul Khair tidak pernah melewati satu hari pun melainkan ia bersedekah kepadanya dengan sesuatu, walaupun hanya sepotong kue atau bawang merah atau seperti ini.” Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi, Al-Hakim dan Ibnu Khuzaimah).


Macam Macam Sedekah
 

1. Sedekah Materi : Sedekah yang dilakukan dalam bentuk materi.

 Macam-macam sedekah dalam bentuk materi sebagai berikut:
a.  Uang
Bersedekah dengan uang memang sering sekali dilakukan. Tidak perlu dalam jumlah yang banyak , sedekah dengan uang dapat dilakukan dalam jumlah berapapun. Dalam sekolah-sekolah , para siswa diajarkan untuk bersedekah. Seperti setiap hari Jumat, sekolah akan meminta uang amal kepada siswanya. Selain itu, sedekah uang juga dapat dilakukan Ketika sedang beribadah di masjid. Contoh lain dari sedekah uang Ketika ada seorang penjual minuman di jalanan, kemudia kamu membelinya , padahal kamu tidak membutuhkan.


b.  Makanan
Bersedekah dengan makanan juga merupakan sedekah yang sering dilakukan. Sedekah dalam makanan bisa dilakukan dengan memberikan kepada orang-orang jauh di luar sana, tetapi sedekah dalam makanan juga bisa dlakukan di lingkungan sekitar. Contohnya : Ketika kamu mendapati tetangga mu yang kurang beruntung dalam hal ekonomi, kamu bisa membantunya dengan memberikan Sebagian makanan yang kamu punya. Contoh lainnya:Ketika tetangga mu sedang berpuasa. Kamu bisa bersedekah dengan membuatkan makanan berbuka puasa kepada tetangga mu yang sedang berpuasa.


c.  Barang
Bersedekah dengan barang bisa dilakukan dengan memberikan barang-barang yang dibutuhkan dan masih layak untuk dipakai. Contohnya: sepatu, seragam sekolah, dan buku-buku yang sudah dibutuhkan lagi.

d.  Memberi makanan hewan
Bersedekah kepada hewan juga bisa dilakukan, seperti memberikan makanan dan minuman.

2. Sedekah Non Materi

a.  Ilmu
Memberikan ilmu yang kita miliki adalah salah satu sedekah jariyah. Artinya , bahwa kamu akan selalu mendapatkan pahala dari ilmu yang sudah kamu berikan kepada orang lain.


b.  Tenaga
Saat kamu mengeluarkan tenaga untuk membantu orang , hal tersebut termasuk sedekah. Contohnya: membantu tetangga yang sedang renovasi rumah. Contoh lain yang termasuk sedekah tenaga yaitu menolong orang lain. Contoh: membantu seorang nenek yang membutuhkan bantuan untuk membawa barang belanjaannya.


c.  Senyum
Saat kamu tersenyum itu merupakan salah satu ibadah. Rasulullah SAW pernah mengatakan “Bahwa ketika kita tersenyum, maka kita memberikan sedekah kepada orang lain. Ketika kamu tersenyum, secara otomatis kamu akan memancarkan energi positif kepada orang lain, sehingga orang yang menerima senyuman akan mendapatkan energi positif yang kamu pancarkan pula.

Manfaat Sedekah

1.  Harta akan bertambah
Semakin banyak jumlah sedekah yang dikeluarkan, maka akan semakin banyak pula berkah yang di dapatkan. Selain mendapatkan berkah, pahala yang didapatkan dilipat gandakan.


2.  Pahala mengalir
Jika tetap istiqomah dalam bersedekah, maka pahala akan terus mengalir kepada kita. Selain itu, bersedekah juga membuat kita merasa bersyukur. Ketika kita bersyukur, maka hati menjadi tenang. Disamping itu, Allah SWT akan memberikan ganti yang lebih baik  dari apa yang sudah dikeluarkan.


3.    Bentuk keimanan
Berapapun jumlah sedekah yang dikeluarkan , itu tetap termasuk keimanan. Ketika kamu bersedekah, kamu akan merasa Bahagia. Alasannya karena kamu sudah memberikan Sebagian kebahagiaan yang kamu miliki kepada mereka yang menerimanya.
4.    Sarana mensucikan diri
Bersedekah dapat membantu kamu untuk mensucikan diri . akan tetapi, hal tersebut juga harus dibarengi dengan taubat. Salah satu cara menghapuskan dosa adalah dengan bersedekah.
5.    Amalan yang tidak putus
Sedekah termasuk ke dalam satu amalan yang tidak terputus. Hal itu karena sedekah termasuk ke dalam amal jariyah, sehingga kamu tetap dapat merasakan pahalanya sampai kapan pun.

6.    Mendapatkan syafaat
Orang yang sering rutin bersedekah adalah salah satu orang yang mendapatkan syafaat kelak di hari akhir nanti.

Cara Rutin Bersedekah
1.    Selalu niat untuk bersedekah.
2.    Mengingat bahwa jika kita bersedekah, harta yang kita miliki tidak berkurang.
3.    Memulai dengan hal biasa
4.    Berusaha untuk selalu ikhlas setelah bersedekah.
5.    Yakin dan percaya, bersedekah akan membuka lebar pintu rezeki.
6.    Berusaha untuk menyisihkan uang untuk bersedekah.
7.    Mulai bersedekah dari orang-orang terdekat terlebih dahulu.
8.    Bersyukur.
Alasan Pentingnya Bersedekah
1.    Dapat terhindar dari marabahaya

.Hal ini telah disabdakan dalam salah satu hadits Nabi Muhammad. Hadits riwayat At-Thabrani. “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Obatilah penyakitmu dengan sedekah. Sedekah itu sesuatu yang ajaib. Sedekah menolak 70 macam bala dan bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo)”

2.    Bisa memperpanjang usia

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri,” (HR Thabrani).

3.    Melipat gandakan rezeki

Allah berfirman dalam Surat Al-Baqarah Ayat 261, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Keutamaan Hadist dan Ayat Al Quran Tentang Sedekah

1.  Hadist tentang Perintah Sedekah

Rasulullah bersabda mengenai keutamaan sedekah bisa menjaga diri dari api neraka

"Jaga lah diri kali dari neraka sekalipun hanya sedekah setengah biji kurma. Barangsiapa yang tak mendapatkannya, maka ucapkan lah perkataan yang baik."


2.   Ayat Al-Qur'an tentang Keutamaan Sedekah

Hal ini sesuai dengan ayat tentang sedekah dan infaq dalam Quran surat Al Baqarah ayat 276 yang
berbunyi :

  يَمْحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرْبِى الصَّدَقٰتِ ۗ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيْمٍ

Artinya: Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa.

3.    Dalil tentang Sedekah yang Paling Utama

Keutamaan Sedekah diriwayatkan dalam hadits riwayat Ibnu Khuzaimah dan Al Hakim dalam buku 'Dikerjar Rezeki dari Sedekah' karya Fahrur Muls ketika amal manusia saling membanggakan diri, sedekah berkata "Aku adalah amal kalian yang paling utama. Ini sebagian perkataan Umar bin Khatab, "Sesungguhnya, amal-amal itu saling membanggakan diri, maka sedekah pun berkata, 'Aku adalah amal kalian yang paling utama. [@salsabila dewanty, mahasiswi uhamka]

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar