Memiliki Hobi Action Figure Menghamburkan Uang? Berikut Inilah Penjelasan dan Manfaat Mengoleksi Action Figure

 


Action figure atau figur karakter adalah karakter (pahlawan super, karakter film, dll) yang ukurannya bervariasi dari  besar hingga kecil. Dari mainan berukuran manusia hingga mainan berukuran penuh yang  digunakan sebagai mainan atau barang koleksi. Action figure biasanya didesain dalam pose-pose tertentu. Action figure bisa terbuat dari plastik atau bahan lainnya. Karakter sering didasarkan pada film, buku komik,  video game, atau acara TV. Target pasar untuk penjualan action figure ini terutama adalah pria, tetapi ada juga wanita yang mengoleksinya. Action figure berbeda dengan action doll (boneka aksi) yang bisa diganti pakaian (boneka aksi). 

 Sedangkan action figure itu patung-patung yang pakaiannya tidak bisa diganti atau sudah dicetak.  Action figure populer di kalangan pria karena  melambangkan sesuatu yang  maskulin. Awalnya, action figure dirancang hanya untuk pasaran anak-anak, tetapi sejak saat itu, menjadi  barang koleksi bagi para kolektor dewasa dan diproduksi khusus untuk orang dewasa. Dalam hal ini, barang yang dipandang secara cermat adalah mainan yang semata mata tujuannya untuk pajangan saja.

  
Mengoleksi action figure merupakan hobi tersendiri, karena ada beberapa action figure yang harganya berkisar dari jutaan hingga puluhan juta. Action figure bahkan disebut-sebut sebagai salah satu hobi yang mahal. Oleh karena itu, mengoleksi action figure bukan hanya sekedar hobi, tetapi juga memiliki banyak keuntungan dalam hidup. Berikut adalah manfaat dari mengumpulkan patung-patung action figure. 

  • Belajar bertanggung jawab  

Dengan mengumpulkan patung-patung, seseorang dapat belajar bertanggung jawab atas barang-barang yang mereka kumpulkan. Selain itu,  kolektor juga akan belajar cara merawat dan menjaga patung dengan benar.  

  • Belajar berinvestasi

Action Figure adalah barang langka dengan edisi terbatas biasanya lebih berharga. Dengan mengumpulkan patung-patung edisi langka atau terbatas, kolektor juga akan belajar cara berinvestasi. Pasalnya, suatu saat barang-barang tersebut akan banyak dicari dan bisa dijual dengan harga tinggi.  Belajar menabung
Harga untuk action figure sangat bervariasi, dari yang murah hingga yang sangat mahal. Ketika menginginkan action figure dengan harga tinggi atau mahal, secara tidak langsung kita belajar bagaimana menghemat uang dan menabung untuk membelinya.  

  • Merangsang kreativitas

Orang yang suka mengoleksi patung-patung dan memajangnya di rumah atau kamar tidur mereka sering kali memiliki keterampilan fotografi, melukis, atau desain grafis yang lebih tinggi.Menghias rumah atau kamar
Jika anda bingung mencari hiasan rumah atau kamar, anda bisa menghiasinya menggunakan action figure. Anda dapat menggunakan karakter yang Anda sukai. Anda dapat membeli action figure, mengatur posisinya muntuk menyesuaikan penempatannya agar lebih menarik untuk dilihat. Rumah atau kamar tidur Anda tidak akan lagi merasa sepi dengan action figure ini.

  • Mengurangi strees

Memiliki hobi bisa membuat tubuh dan pikiran lebih relaks, saat anda jenuh anda bisa memainkan koleksian action figure yang anda punya.

Oleh karena itu, action figure adalah salah satu jenis mainan paling umum yang dikumpulkan beberapa orang. Meski tergolong mainan, action figure paling banyak dikoleksi oleh orang dewasa. Dan inilah keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika  mengoleksi action figure. Meski sebagian orang menganggap hobi ini hanya membuang-buang uang. Tetapi jika Anda menikmati hobi ini, lakukan yang terbaik selama hobi itu tidak negatif. [@melfi farah, mahasiswi uhamka]

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar