Bisakah Kita Menyembuhkan Mental Illness?

 Mental Illness atau penyakit mental merupakan gangguan kesehatan mental yang mempengaruhi pikiran, mood dan perilaku penderitanya. Sama seperti penyakit fisik, penyakit mental juga dapat di obati.

Di Indonesia penyakit mental masih menjadi sesuatu hal yang dianggap remeh. Penderitanya bisa diidentikan dengan sebutan 'orang gila' atau 'sakit jiwa' dan sering mendapatkan perlakuan yang kurang menyenangkan. Padahal penderita penyakit mental bisa di bawa ke rumah sakit untuk diberikan pengobatan.

Beberapa faktor pemicu penyakit mental diantaranya disebabkan karena : faktor genetik, kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan pada masa kanak-kanak, pelecehan, traumatis, mengalami kegagalan dalam hidup, putus asa dan masih banyak lagi.

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit mental yaitu seperti : delusi, paranoia, halusinasi, bertengkar dengan keluarga dan teman, kekhawatiran, memiliki pengalaman/kenangan buruk yang tidak bisa dilupakan, menarik diri dari orang-orang dan kegiatan sehari-hari, memiliki pikiran untuk menyakiti orang lain atau diri sendiri, dll.

Tindakan yang dapat dilakukan psikiater untuk pengobatan pasien penderita penyakit mental yaitu di antara lain : 


●  Psikoterapi dan konseling
Psikoterapi dan konseling adalah terapi bicara yang dilakukan psikiater untuk mengatasi berbagai macam gangguan mental dan emosional yang diderita pasien. Psikoterapi dan konseling bertujuan untuk membantu pasien mengatasi atau mengontrol gejala yang mengganggu.

●  Pemberian obat-obatan
Psikiater dapat memberikan resep obat-obatan untuk mengobati gangguan mental.

●   Hipnoterapi
Hipnoterapi merupakan salah satu tindakan yang bisa dilakukan oleh psikiater untuk mengatasi keluhan atau masalah kesehatan tertentu dengan memasuki alam bawah sadar seseorang.

●   Terapi stimulasi saraf otak
Sebuah terapi medis yang digunakan untuk mengobati depresi parah dan gangguan mental lain. Terapi stimulasi saraf otak hanya dilakukan jika metode penanganan lain tidak berhasil meringankan gejala penyakit kejiwaan yang diderita pasien.

Masalah mental illness atau penyakit mental tentunya jangan dianggap remeh, untuk mengatasi semua itu sebenarnya lingkungan keluarga dan sekitar sangat berperan penting untuk membantu penyembuhan dan keluarga bisa membawa ke dokter kejiwaan seperti psikolog atau psikiater untuk berkonsultasi sampai level mana si penderita, sehingga bisa terdiagnosa dan segera bisa diobati sesuai dengan tingkatannya.

Jadi, untuk keluarga atau orang-orang terdekat harus segera mengerti dan mencari tahu bahwa sebenarnya penderita bisa diobati dan bisa disembuhkan dengan proses seperti yang sudah dibahas diatas.

Demikian semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita khususnya yang punya keluarga dengan penyakit mental. [@Priyanka Dini Rahmawati mahasiswi dari PGPAUD UHAMKA]
 

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment