Alasan Mengapa Kurma Menjadi Makanan Terbaik Saat Ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang mulia bagi semua umat Islam. Periode Ramadhan juga merupakan rentang panjang pengampunan dosa. Periode Ramadhan ini memiliki berbagai perspektif yang sama sekali tidak seperti hari-hari biasa. Apa yang biasanya kita makan pada pagi hari ini tidak ada karena pada bulan Ramadhan ini semua umat Islam diwajibkan untuk berpuasa, kecuali orang-orang yang tidak mampu menanggung biayanya. Satu lagi hal seru yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan yang panjang ini adalah bisa membeli berbagai jenis makanan dan minuman sebelum berbuka puasa. Salah satunya adalah kurma, biasanya di bulan-bulan biasa kita jarang melihat kurma yang banyak dijual di toko atau di pasar. Kurma tampaknya menjadi produk alami yang dibutuhkan yang tersedia untuk dibeli. Mulai dari bentuk, jenis hingga harga yang berbeda.


Kurma adalah produk alami yang mengisi banyak di daerah gurun, seperti negara-negara Timur Tengah. Produk ini juga biasa disanta saat berbuka puasa di bulan Ramadhan. Pemanfaatan kurma di bulan Ramadhan sebagai sunnah Nabi Muhammad SAW, ternyata juga memiliki banyak manfaatnya. Bagi yang berpuasa, selain memastikan sahur dan minum lebih banyak air, ada menu tambahan yang memungkinkan mereka untuk melanjutkan kegiatan mereka, khususnya dengan memakan kurma, yang merupakan salah satu kebiasaan selama periode tersebut.


Selama bulan suci ini, penawaran kurma sebagian besar akan meningkat secara drastis dan persediaan akan lebih melimpah. Selain rasanya yang manis, produk ini juga memiliki beberapa keunggulan dan sangat cocok untuk membantu seseorang agar selalu segar dan bugar saat berpuasa. Selain memberikan nutrisi yang memuaskan dalam tubuh, kurma juga memiliki manfaat yang berbeda, terutama untuk memperkuat kekebalan orang yang memakannya untuk menghindari berbagai penyakit.


Khasiat Kurma bagi Orang yang Puasa
Saat berpuasa, perut kita tidak terisi dalam waktu yang sangat lama dengan tujuan agar pencernaan tubuh berjalan lebih lambat dari yang diharapkan. Saat berbuka puasa, perut membutuhkan kesempatan yang ideal untuk menyesuaikan diri untuk mendapatkan makanan kembali dan kurma akan menjadi makanan yang mudah diolah. Selain itu, kurma kaya akan serat untuk mencegah penghentian selama puasa, dapat membunuh mikroorganisme, memperkuat senyawa yang berhubungan dengan lambung di perut dan mengurangi kadar kolesterol yang meningkat. Rasulullah SAW bersabda, “Seandainya salah seorang di antara kalian berpuasa, maka berbukalah dengan memakan kurma. Apalagi jika tidak ada kurma, maka berbukalah dengan air. Karena air membersihkan ." (Sahih Jami'ush shagir)


Menurut penelitian oleh para ilmuwan makanan, kurma adalah makanan yang ideal karena memberikan rangkaian lengkap suplemen dasar yang sangat baik untuk kesehatan Anda. Temuan ini tentu bisa menjadikan kurma sebagai bahan makanan terbaik di kemudian hari. Seperti yang ditunjukkan oleh sunnah nabi, makan kurma saja sudah cukup untuk berbuka puasa, makan tiga kurma dan segelas air saja sudah cukup untuk berbuka puasa. 

Sunnah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad sangat mendasar dan sederhana untuk diterapkan dalam kegiatan sehari-hari selama puasa Ramadhan.
keistimewan berbuka puasa dengan kurma juga ditegaskan oleh Ustadz Hanan Attaki, beliau mengatakan bahwa cara Nabi Muhammad berbuka puasa tidak wajib ditiru namun dapat diandalkan untuk menginspirasi kita untuk berbuka puasa secara langsung. namun dengan cara yang sederhana.
Berikut adalah beberapa alasan mengapa kurma adalah makanan terbaik selama Ramadhan

  •  Dapat membantu mengurangi nafsu makan
  • Dapat mengurangi rasa haus
  • Dapat membantu memulihkan kembali energi yang hilang
  • Efektif diproses oleh perut
  • Makanan yang paling disukai selama Ramadhan

Ditulis oleh @vanny aulia (Mahasiswi Uhamka)

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment