Zalimnya si Amat


(by Toto Abi Ihsan)

Ba’da dzikir shalat Shubuh, Amat mendekati Ustadz Noer. Setengah terpaksa Ustadz Noer menghentikan tafakkurnya lalu menghadapi si Amat.

“Ada ape, Am? Masalah ape lagi, nih?” tanya Ustadz Noer seolah bisa menebak apa yang hendak disampaikan si Amat.

“Eh, maaf Ustadz. Gini. Ane ada masalah sama Si Imat” kata Amat rada salah tingkah.

Ustadz Noer memperbaiki duduknya, bersiap mendengarkan cerita Amat. “Masalahnya ape?”

Amat kemudian memulai. “Kan Ustadz Noer udah tahu ane pernah ngumpetin sapu lidinya Imat. Nah, itu kejadian hari Jum’at yang lalu. Trus udah hampir sepekan ini. Imat ga negor ane. Kayaknya dia marah. Padahal kan, kalau marah ga boleh lebih dari tiga hari, ya, Ustadz?”.

Ustadz Noer nyengir dalam hati. Dia sudah mendengar berita seputar “hilangnya” sapu lidi baru si Imat yang dipakai buat nyapu halaman Musholla. “Tapi ente udah minta maaf ke Imat, kan?” Ustadz Noer balik bertanya kepada Amat.

Amat menggeleng pelan. “Belum, Ustadz. Kan Imat ga mau negor ane…” jawabnya membela diri.

Sekarang gantian Ustadz Noer yang geleng-geleng kepala. “Yang salah, kan, ente, Am. Ente udah berbuat zalim sama si Imat karena ngumpetin barangnya Imat yang dia perluin banget. Wajar aja kalo Imat marah sama ente. Mestinya ente yang duluan negor trus minta maaf.”

“Oh, gitu, ya Ustadz”, jawab Amat pendek dengan muka polos.

Tangan Ustadz Noer berasa gatal pengen jewer kupingnya si Amat, tapi ditahannya sebisa mungkin.

“Iya, harus begitu. Sekarang ente cepat-cepat dah, minta maaf sama Imat.” Kata Ustadz Noer lagi.

Amat melongokkan kepalanya mencoba mencari sosok Imat di halaman Musholla. “Imat ga kelihatan, Ustadz. Kayaknya dia pergi.”

“Ah paling juga nyari sarapan. Nanti dia pasti balik lagi.” Kata Ustadz Noer. Lalu beliau menambahkan, “Ente tungguin aja. Nanti kalau Imat datang, buruan minta maaf, yak. Sambil nunggu, ente baca istighfar yang banyak. Dan jangan berbuat zalim lagi!” pesan Ustadz Noer.

“Iya, Ustadz.” Jawab Amat lalu ia pun bangkit dari duduknya, Ustadz Noer melihat Amat membawa kresek hitam kecil di tangannya. 

“Apaan, tuh?” tanya Ustadz Noer.

“Oh, ini kacang kulit rebus, Ustadz. Tadi dikasih sama Cing Amut. Ustadz mau?” kata Amat menawarkan.

“Gak usah, Am. Terima kasih.” Lalu Ustadz Noer pun kembali menekuni tafakkurnya.

Amat duduk di serambi menunggu Imat. Kacang kulit rebus dari Cing Amut menemani penantian itu jadinya Amat ga ketiduran seperti biasa.

Waktu berjalan cepat. Gak kerasa Ustadz Noer sudah menyelesaikan tafakkurnya sekaligus shalat Isyraq. Setelahnya beliau bersiap untuk pulang. Di serambi Musholla, dilihatnya Amat masih menunggu Imat

“Belum balik si Imat, Am?” tanya beliau.

“Belum Ustadz. Ga pa pa. Ane tungguin aja.” Jawab Amat

Ustadz Noer mengangguk. Beliau merasa senang karena nampaknya Amat memang bertekad kuat untuk meminta maaf kepada Imat. Tapi sewaktu hendak mengambil sandalnya, Ustadz Noer terkaget-kaget. 

“Astaghfirullah al ‘Adzhiim…!!” seru Ustadz Noer

Amat gantian jadi kaget. “Kenapa, Ustadz?” tanyanya.

“Ente ngapain aja di sini dari tadi?” tanya Ustadz Noer kepada Amat. 

Amat rada bingung, tapi dijawabnya dengan cepat pertanyaan Ustadz Noer, “Nungguin Imat, mo minta maaf. Sambil baca istighfar yang banyak. Kan tadi pesan Ustadz begitu.”

“Iya,..” kata Ustadz Noer. Lalu beliau menambahkan, “tapi kan ane udah pesen juga, jangan berbuat zalim lagi!”

“Tenang aja, Ustadz. Ane udah sadar, koq. Ane ga bakal zalim lagi,” kata Amat. 

“Ga usah ngaku-ngaku begitu.” Kata Ustadz Noer. “Ente udah bikin kezaliman lagi, nih”.

Amat bengong. “Zalim gimana, maksud Ustadz?” tanyanya.

Ustadz Noer menunjuk sekeliling Amat. “Itu…. Kenapa ente buang kulit kacang sembarangan? Itu zalim namanya!”

Amat melihat ke arah yang ditunjuk Ustadz Noer. Memang kulit kacang berserakan. Dan memang dia yang membuangnya tadi. Tapi Amat masih berusaha ngeles. “Ah, ini kan cuma sedikit, Ustadz. Disapu sebentar juga beres.”

Tangan Ustadz Noer sigap menjewer telinga Amat. “Dengerin, yak. Yang Namanya sampah mestinya dibuang di tempat sampah. Bukan disebar di halaman Musholla. Apalagi halaman ini tadi udah dibersihin sama Imat.”

Amat mengaduh-aduh kesakitan, lalu katanya, “Ampun, ampun, Ustadz… Maaf… Iya deh, ane ga lagi-lagi buang sampah sembarangan.”

Ustadz Noer segera melepaskan jewerannya. “Cepet ambil sapu. Bersihin sampah ini sebelum Imat datang”

Amat pun berjalan ke arah belakang Mushola untuk mengambil sapu sambil mengusap-usap telinganya yang memerah bekas dijewer. Dia berjalan sambil menggerutu, “Padahal kan biar aja Imat yang bersihin. Kan nambah amal buat dia juga…”

Ustadz Noer mendengar gerutuan itu, lalu beliau beristighfar keras-keras sambil mengelus dadanya. 

Mendengar Ustadz Noer beristighfar keras-keras, Amat ngacir, khawatir telinganya yang sebelah lagi ikut kena jewer.


=o0o=

“Seorang Muslim itu adalah saudara bagi Muslim yang lain, tidak boleh menzaliminya dan tidak boleh menelantarkannya” (HR. Imam Muslim)

=o0o=

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar