Tingkatkan Literasi Digital, Kepala Sekolah Ini Adakan Workshop Blogger

 

JSIT Kota Bekasi-Perkembangan teknologi yang begitu cepat  tidak dapat dibendung oleh siapapun. Namun adanya perkembangan teknologi tersebut menjadi  tantangan bagi  para pendidik. Ditengah pandemi COVID 19 yang masih berlangsung, maka pemanfaatan teknologi pendidikan adalah pilihan utama bagi para guru.

Guru sebagai pilar pendidikan saat ini, harus mampu beradaptasi  dengan  dua  kondisi  sekaligus, yaitu pesatnya perkembangan teknologi  dan tantangan pembelajaran jarak jauh (PJJ).


Melihat situasi tersebut SDIT Gameel Akhlaq yang dipelopori oleh kepala sekolah (Agung Nursidik, S.Pd.I,M.Pd) mengadakan workshop pembuatan blogger pada Jumat (29 Januari 2021). Diketahui bahwa Agung adalah seorang blogger yang sudah bertahun-tahun berpengalaman membuat dan menulis blog.  Workshop yang diadakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat tersebut di isi langsung oleh kepala sekolah.


Workshop tersebut merupakan bagian dari mensukseskan program  Gerakan Literasi Sekolah  (GLS) dengan pemanfatan teknologi pembelajaran salah satunya adalah blogger. Kepala sekolah mengungkapkan  bahwa alasan mengadakan workshop pembuatan blogger tersebut adalah untuk meningkatkan kreativitas  guru dalam penggunaan literasi digital. Saat ini banyak guru-guru yang ketinggalan dalam pemanfaatan literasi digital tersebut sehingga perlu adanya upgrading. Selain itu dengan memiliki blog sendiri maka  guru-guru akan memiliki kemauan untuk menulis walaupun dari hal-hal yang sederhana. Maka tuntutan untuk dapat menulis tentunya adalah membaca.


“Guru harus memiliki kreatifitas dibidang literasi digital, maka perlu adanya workshop tersebut sehingga mendorong  kemuan guru untuk menulis, dengan menulis  guru harus mau membaca” pungkasnya.


Adapun follow up dari program tersebut diantaranya adalah program menulis artikel edukasi, inspirasi dan motivasi pendidikan. Program tersebut akan diadakan sepekan sekali sebagai permulaan. Sehingga  jika guru sudah memiliki kebiasaan menulis maka akan diadakan kegiatan-kegiatan selanjutnya seperti lomba artikel blogger, lomba tantangan menulis dengan tema-tema tertentu yang menjadi bagian dari suksesi literasi digital sekolah.


“Follow up selanjutnya dari workshop tersebut adalah akan diadakan program menulis artikel berbentuk edukasi, inspirasi, motivasi pendidikan setiap pekannya. Kalau perlu  jika sudah menjadi kebiasaan, akan diadakan lomba menulis blogger dengan tema-tema tertentu.” Ucap kepala sekolah saat mengakhiri  perbincangan dengan JSIT kota Bekasi.

Terpisah salah satu peserta workshop guru SDIT Gameel Akhlaq  ( Irwan Setiawan) mengaku senang dan tertantang dengan pelatihan tersebut, karena selama ini ia senang menulis tetapi tulisannya kuran tereskpos di blogger, sehingga bertambah semangat lagi untuk menulis.


“Senang sekali saya dapat kesempatan untuk belajar membuat blog, sehingga bertambah semangat untuk menulis, apalagi dibimbing dari pemula sampai benar-benar bisa memiliki blog sendiri.” Ucapnya kepada JSIT kota Bekasi. [jrw]


Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar