#SOSOK : Dibalik Amal Sederhana Wanita Tua Yang Istiqomah


Menjelang subuh sekitar pukul 04.00 datanglah seorang wanita tua berumur sekitar tujuh puluhan tahun. Terlihat dari cara jalannya yang sudah membunguk dan sedikit terseok saat mengangkat kakinya.

Setiap melaksanakan sholat subuh dan selesai melaksanakan sholat subuh berjamaah saya merasa heran dan bertanya-tanya, “kok setiap saya mau melangkah pulang ada pemandangan yang sangat unik”, dan mungkin bagi sebagian orang itu pemandangan biasa dan lumrah dilihat, “pemandangan apa itu ?”
 

Ya pemandangan susunan sandal-sandal jepit, sepatu dan sebagainya tersusun rapi dan memudahkan para jamaah sholat subuh saat memakai sandal tersebut untuk melangkah pulang.

 
Hati ini masih terus bertanya-tanya “siapa sebenarnya nama wanita tua  yang merapihkan sandal-sandal itu?”. Karena setelah saya selesai sholat berjamaah subuh, tidak pernah melihat wanita tua tersebut.
“Masya Allah baru mengetahui sekitar enam tahun saya melihat ternyata wanita tua yang merapihkan sandal-sandal tersebut adalah seorang pemulung  yang sebelum berangkat memulung kadang selalu mengikuti sholat berjamah di musholah”, musholah tersebut adalah Nurul Ikhlas di dekat rumah tinggalku.

Apa hikmah yang saya dapat, ternyata banyak sekali dan mungkin menjadi perenungan bagi diri saya dan kita semua diantaranya adalah :
 

  1. Wanita tua tersebut mengajarkan keikhlasan, pada diri saya bahwasanya kita melakukan perbuatan yang tanpa diketahui orang lain, tapi Allah-lah yang maha melihat dan menjadikan sebagai amal kebaikan.
  2. Wanita tua tersebut menyusun sandal tersebut untuk memudahkan parajamaah untuk memakainya, dan tanpa disadari kemungkinan jamaah yang selesai sholat berjamaah di musholah tersebut mendoakan.
  3. Wanita tua itu mungkin mengetahui dengan hadist nabi yang berbunyi " barang siapa yang memudahkan urusan saudaranya maka Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan Akhirat ( Wallahu a'lam )


Alhamdulillah tepat di subuh hari ini (Sabtu, 23 Januari 2021) saya melihat keistiqomahan wanita tua itu merapihkan sandal-sandal para jamaah. Semoga Allah menjadikan amal wanita tua tersebut sebagai pemberat amal kebaikan diakhirat kelak.

 

#GerakanLiterasi SDIT Gameel Akhlaq

#Semangat Pagi
Jadikan segala aktifitas hari ini sebagai amal sholeh
Sabtu, 23 Januari 2021
 

Irwan Setiawan, S.Pd
Guru SDIT Gameel Akhlaq

 

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar