Berikan Pelayanan Terbaik, Al-Fikroh Adakan Gerakan Literasi, Seminar dan Dongeng

 


JSIT Kota Bekasi- Mengawali  tahun 2021 TKIT dan SDIT Al-Fikroh adakan persiapan menghadapi pembelajaran jarak jauh (PJJ) semester genap tahun ajaran 2020/2021 sebagai bentuk pelayanan terbaik bagi peserta didik dan orang tuanya.

 

Orang tua /wali murid yang mendampingi putra putrinya selama pembelajaran masa pandemi Covid 19 kurang lebih sepuluh  bulan harus diberikan support dan apresiasi berupa seminar parenting.  Tujuan acara tersebut agar orang tua istiqomah memiliki kesabaran dan semangat mendampingi putra-putrinya belajar dari rumah.

 

Acara tersebut bertajuk “Gerakan literasi  dan Menulis di Sekolah dan di Rumah” dalam rangka meningkatkan minat membaca dan menulis di rumah dan di sekolah. Acara yang dilaksanakan pada (Rabu, 13 Januari 2021) menghadirkan pembicara Ibu Puji Astuti, SPd, SE dan Putrinya Athaya Balqis.  Ibu Puji adalah seorang  penulis Novel Kado kasih untuk kanaya. Sedangkan putri beliau Balqis siswi kelas 4 SD Mutiara 17 Agustus memiliki hobby membaca dan menulis ditengah kesibukannya sebagai model, bintang iklan dan pemain film.


Ibu Puji Astuti memberikan materi tentang Gerakan literasi meningkatkan minat membaca dan menulis melalui zoom meeting dihadapan siswa-siswi SDIT Al-Fikroh kelas 1-6 didampingi putrinya Bilqis yg mampu memotivasi teman-teman di SDIT Al Fikroh.

Bliqis mengataan bahwa perlunya memanfaatkan waktu setelah kegiatan daring dengan membaca buku, novel, kisah nabi, artikel dan lain lain. Buku adalah jendela dunia, kita tidak usah jauh jauh untuk berkeliling kota atau dunia, dengan membaca buku kita dapat melihat dan menyaksikan keindahan suatu daerah.

 

Acara yang dikuti 180 siswa, orang tua dan para guru penuh dengan antusias, selain acaranya yang menarik mereka juga mendapatkan doorprize buku “Kado kasih Untuk Kanaya” bagi peserta yang memberikan pertanyaan kepada pembicara.

 

 Sejalan dengan program literasi di SDIT Al-Fikroh, salah satu siwanya yaitu Shahia putri Qirani kelas 3 Multazam sudah menghasilkan buku cerita yang berjudul "Momo Monyet Yang Serakah". Semoga hasil karya ini juga memotivasi teman-temannya untuk rajin menulis dan membaca.

 

Kegiatan sebelumnya dalam rangka Pembekalan guru sebagai persiapan pembelaran jarak jauh ( PJJ)  diadakan pada (Rabu,6 Januari 2021) diisi pembicara dari Divisi Penjamin Mutu JSIT Kota Bekasi Ibu Rince Wiki Utami S.Th.I, MPd, beliau juga sebagai kepala SDIT Darul Maza.  Baru-baru ini beliau  juara 3 menulis blog yang diselenggarakan oleh AISEI. Beliau juga finalis kepsek berprestasi tingkat propinsi 2019 dan finalis kepala sekolah inovatif tingkat nasional tahun  2020.

Acara ini sebagai bagian dari Raker guru di Yayasan Al-Fikroh diikuti oleh 65 guru dan karyawan dari TK, TPA,LTTQ SDIT Al-Fikroh melalui Zoom meeting.  Seluruh guru dan karyawan Yayasan Al -Fikroh antusias mengikuti pemaparan ibu Tami yang menarik dan meninspirasi.

Tema yang diambil adalah "Karakter kepemimpinan" , materi ini memotivasi dan menginspirasi para guru dan karyawan agar menjadi pribadi proaktif yakni menjadi pribadi yang memiliki visi kedepan dan selalu berpikir untuk mencapai cita-cita. Dan jangan menjadi orang yang gagal yang mudah kecewa dan menyalahkan keadaan. 

 

Selain itu, beliau menyampaikan materi persiapan pembelajaran tatap muka dan PJJ untuk semester genap. Intinya seorang guru harus menentukan target kurikulum yang akan dicapai yang mencakup pengetahuan dan kterampilan inti dengan lebih memfokuskan pada kesejahteraan( wellbeing) para siswa. Juga memastikan adanya arahan atau panduan resmi untuk menerapkan rancana pembelajaran. Peran orang tua atau wali murid sangat menentukan keberhasilan pembelajaran jarak jauh.


Acara berikutnya yang diadakan di awal tahun 2021 tepatnya tanggal l 20 Januati 2021 adalah Dongeng ceria anak muslim kerjasama TKIT Al-Fikroh dengan pondok sedekah. Dongeng ini dibawakan oleh pendongeng terkenal yaitu Kak Mul. Acara tersebut diikuti oleh murid TKIT Al-Fikroh juga siswaTK lainnya  di wilayah Pondok Ungu Permai  melaui zoom meeting. [@Saras]

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar