Kuatkan Tekad Ke Baitullah, SDIT Baiturrahman Adakan Manasik Haji

JSIT Kota Bekasi-Manasik haji merupakan sebuah latihan atau peragaan tata cara ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Saat melakukan manasik haji para peserta akan diberitahu tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji. Bacaan manasik haji tentunya akan sama dengan bacaan yang digunakan untuk ibadah haji.

Istilah manasik berasal dari bahasa Arab, yaitu nusuk yang berarti ibadah atau bakti kepada Allah. jika digabungkan dengan kata haji maka istilah manasik haji bisa diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan ibadah haji.

Manasik haji sangat perlu ditanamkan kepada anak-anak sejak dini, karena dapat merespon niat dan tekad anak tersebut untuk berhaji. SDIT Baiturrahman kembali tahun ini mengadakan manasik haji 1441 hijriah. Kegiatan yang diikuti peserta berjumlah enam ratus dua puluh lima siswa dan guru tersebut diadakan dilapangan outdoor sekolah. Kepala sekolah SDIT Baiturrahman Ust. M. Sahrizal, S.Pd mengatakan bahwa salah satu tujuan manasik haji adalah untuk menanamkan tekad ibadah haji sejak dini.

“Tahun ini kembali kami adakan kegiatan manasik haji 1441 H, dalam rangka untuk menanamkan tekad  siswa menuju ke Baitullah” (pungkasnya)


Manasik haji  SDIT Baiturrahman didesain sebagaimana mestinya, siswa dan siswi kelas I sampai kelas VI dibuatkan enam kloter. Kloter 1  adalah kelas I dan III putra dipimpin oleh Ust. Tarmizi. Kloter 2 kelas I dan III putri dipimpin oleh ust. Aceng. Kloter 3 kelas II dan IV putra dipimpin oleh Ust. M. Rizal. Kloter 4 kelas II dan IV putri dipimpin oleh Ust. Tarmizi. Kloter 5 kelas V dan VI putra dipimpin oleh Ust. Aceng dan kloter 6 kelas V dan VI putri dipimpin oleh Ust. M.Rizal.

Dalam kegiatan tersebut seluruh siswa-siswi diperkenalkan dan diajarkan tahapan dan prosesi ibadah haji diantaranya adalah ihram, wukuf di arofah, mabit di Mudzalifah, jumroh di Mina, tawaf, sai, dan yang lainnya.

Kegiatan rutin yang digelar setiap tahun tersebut mendapat banyak dukungan dan apresiasi dari orang tua dan komite sekolah. Salah satu orang tua siswa sangat senang dan terkesan dengan kagiatan tersebut. 

“Alhamdulillah ya Allah pengalaman yang sangat berharga buat anak-anak di SDIT Baiturrahman beribadah haji, terima kasih kepada seluruh guru-guru yang sudah membimbing anak-anak”. (Bunda Yasir). 

Pihak sekolah berkomitmen bahwa manasik haji akan menjadi agenda rutin yang berkelanjutan setiap tahunnya. {jrw]
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment