H. Heri Koswara MA : Saya Kangen dengan Profesi Kepala Sekolah

 


 JSIT Kota Bekasi-H. Heri Koswara, MA (Anggota DPRD Jawa Barat) yang didaulat sebagai Keynote Speaker pada wokshop Bina Pribadi Islam (BPI) JSIT kota Bekasi mengatakan “saya kengen dan merindukan peristiwa-peristiwa Bapak/Ibu lakukan hari ini” 


HK (sebutan akrabnya) pernah menjadi kepala sekolah sejak tahun 1999, beliau mengungkapkan bahwa amanah sebagai kepala sekolah adalah amanah yang luar biasa nikmatnya, luar biasa semangatnya bersama teman-teman seperjuangan. Bahkan saat launching JSIT Indonesia di Jogjakarta pertama kali beliau juga turut hadir pada belasan tahun yang lalu. 


HK sangat intens dalam mengikuti perkembangan pendidikan khususnya di kota Bekasi dan Jawa Barat. Beliau juga mengatakan bahwa amanah sebagai guru dan kepala sekolah patut disyukuri. “Patut kita syukuri apa yang menjadi amanah pada kita semua adalah suatu profesi yang terbaik dan paling mulia”. Lebih lanjut lagi beliau mengatakan bahwa yang terbaik dan mulia adalah rasulullah SAW.

Oleh karena itu profesi tersebut baik sebagai guru apalagi kepala sekolah tentu menjadi sebuah tanggung jawab yang besar, apalagi kalau dikaitkan dengan program BPI. Maka fungsi kepala sekolah bukan hanya fungsi manajemen lembaga pendidikan namun sekaligus berperan sebagai menusia yang mentransfer keteladanan kepada guru dan anak-anak.  Semoga anak-anak kita sebagai anak biologis maupun sebagai murid tidak terjatuh pada potensi yang negatif sebagai ujian kita sebagai orang tua.
“Potensi qurrota ‘ayun inilah yang harus kita kembangkan, bukan hanya mereka menjadi orang yang bertakwa tapi jauh dari itu menjadi pemimpin untuk orang-orang yang bertakwa” tandasnya


Mencetak generasi yang bertakwa mungkin itu lebih mudah namun mencetak generasi pemimpin itu butuh kurikulum tersendiri salah satunya adalah program BPI. Sehingga kelak akan lahir generasi yang bukan hanya sholeh, bertakwa namun generasi yang mumpuni yang memiliki ilmu dan karakter yang baik untuk dapat memimpin diri sendiri, teman, bahkan masyarakat yang lebih luas.


Sebagai anggota DPRD di kota Bekasi sejak tahun 2004-2014 selama tiga periode  HK selalu memilih komisi yang berkaitan dengan pendidikan yaitu komisi 4, bahkan saat menjadi pimpinan/koordinator beliau memilih komisi 4. Saat ini ketika mendapatkan amanah di Jawa Barat HK juga memilih komisi 5 yang di bawahnya ada kaitannya dengan pendidikan. Artinya adalah dalam kehidupannya HK tidak ingin lepas dari dunia dan masalah pendidikan.

Maka dari itu beliau berharap kepada pengurus JSIT kota Bekasi agar turut serta memberikan input/saran dan masukan yang perlu digagas tetang isu-isu pendidikan. Perda-perda di kota Bekasi yang berkaitan dengan pendidikan diantaranya adalah pembelajaran keagamaan, perda tentang baca tulis Al-Qur’an dan lain-lain. [jrw]


Lebih lengkapnya simak Channel JSIT TV di bawah ini

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar