PENGUATAN MUTU PENDIDIKAN DAN BRANDING PMT IBNU RUSYD

 


JSIT Kota Bekasi-Pandemi Covid 19 yang terjadi sejak awal tahun 2020, menjadi tantangan bagi semua lembaga pendidikan. Salah satu tantangan bagi lembaga pendidikan adalah menjaga eksistensi agar tetap terjaga mutu suatu pendidikan. Apalagi pandemi covid 19 yang masih berlangsung hingga awal Januari 2021. Sehingga lembaga pendidikan seperti sekolah, pesantren harus tetap memberikan pelayanan pendidikan yang prima bagi peserta didiknya.


Mengawali kegiatan Pembelajaran Semester genap tahun ajaran 2020-2021 Pondok Modern Teknik (PMT) Ibnu Rusyd (di Jln. Benda RT.03/01 Kel. Pedurenan Kec. Mustika Jaya Kota Bekasi) mengadakan Upgrading untuk para Asatiz (Rabu, 13 Januari 2020) bersama Founder Tazka Educate (Agung Nursidik).


Upgrading tersebut dilaksanakan dalam rangka penguatan Mutu Pendidikan dan Branding PMT Ibnu Rusyd dimasa pandemi.


Kegiatan yang dihadiri sekitar dua puluh Asatiz tersebut dilaksanakan dengan menggunaan protokol kesehatan yang sangat ketat.  


Beberapa inti pesan dari materi yang disampaikan oleh Agung adalah bahwa lembaga pendidikan dan pesantren jangan sampai ditinggalkan atau tidak diminati lagi oleh orang tua, apalagi kondisi pandemi masih berlangsung hingga kini. Maka dari itu lembaga pendidikan seperti pesantren harus tetap eksis dengan menjaga mutu pendidikan, pengembangan potensi/kreatif/inovasi guru, komitmen menanamkan keteladanan, komitmen terhadap amanah, komitmen terhadap pelayanan, komitmen kesetiaan pada lembaga dan komitmen perjuangan.


Terlebih lagi Agung menambahkan bahwa branding sebuah lembaga pendidikan harus dapat menunjukan keunggulan produk, jika lembaga pendidikan maka produknya adalah program-program unggulan yang bisa ditawarkan kepada orang tua. Misalnya Tagline PMT Ibnu Rusyd adalah Qur’ani-Mandiri dan Berprestasi, maka bagaimana Al-Qur’an harus diprioritaskan, diunggulkan, begitu juga dengan mandiri dan berprestasi maka bagaimana santri PMT Ibnu Rusyd memiliki jiwa mandiri dan memiliki prestasi tingkat daerah, nasional bahkan internasional. Sehingga dengan seperti itu maka orangtua dan masyarakat benar-benar yakin dan tidak salah pilih memilih PMT Ibnu Rusyd.


“Untuk mempertahanan ekesistensi lembaga pendidikan dimasa pandemi terutama PMT Ibnu Rusyd, maka kita harus memulai dari dalam dengan terus meningkatkan mutu pendidikan, komitmen kepada pengembangan potensi guru, penanaman keteladanan, komitmen menjaga amanah sebegai guru, komitmen pelayanan, kesetiaan dan perjuangan. Selain itu branding sekolah harus terus dikuatkan agar dapat mempengaruhi mindset orang tua dan mansyarakat.” Tukasnya


“Tagline  Qur’ani, Mandiri dan Berprestasi harus dapat dibuktikan bahwa nilai-nilai dan tergetan Al-Qur’an dapat terpenuhi dengan baik, jiwa mendiri dan berprestasi harus tertanam oleh para santri serta memiliki prestasi tingkat daerah, nasional bahkan internasional.” Tambahnya
Kegiatan upgrading yang dihiasi dengan hujan rintik-rintik diakhiri dengan doa bersama yang pimpin oleh Ust. Irfan (kepala sekolah SMKIT Ibnu Rusyd). [jrw]

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar